Cara Membuat Resume (Curriculum Vitae) di Aplikasi Canva

Odebery.com - Membuat CV (curriculum vitae) adalah salah satu syarat ketika melamar suatu pekerjaan. Pada era yang serba modern seperti saat ini membuat curriculum vitae bisa dilakukan dengan mudah melalui sebuah aplikasi. Ya, salah satunya adalah aplikasi Canva.

Di dalam aplikasi canva kamu bisa menemukan berbagai desain resume kreatif dan menarik untuk kebutuhan CV. Setidaknya kurang lebih ada sekitar 50.000 ribu template yang bisa kamu gunakan secara gratis atau berbayar. 

Nah, sekarang bagaimana sih cara membuat CV di aplikasi Canva?

Cara Membuat Resume (Curriculum Vitae) di Aplikasi Canva

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat cv menarik di canva, diantaranya sebagai berikut:

#1. Membuat Desain CV

Pertama-tama buka aplikasi Canva di HP atau laptop kamu. Setelah itu pilih tombol + yang berada di sebelah bawah ntuk membuat desain baru.

Selanjutnya pada kolom menu pencarian ketik kata kunci "CV / Daftar Riwayat Hidup". Setelah itu akan muncul ukuran desain yang cocok digunakan untuk membuat Daftar Riwayat Hidup. Klik untuk menggunakan ukuran tersebut.

Setelah membuat ukuran desain, langkah selanjutnya klik tombol + di bagian kanan bawah lalu buka menu bagian Template. 

Nah, di sini kamu bisa mencari template yang keren dan menarik untuk membuat CV/Daftar Riwayat Hidup kamu. Sebagai contoh saya akan menggunakan template dengan judul Resume Warna Warni. 

Jika kamu juga sudah menemukan desain template yang cocok, selanjutnya klik template tersebut untuk menggunakannya.

Setelah itu tinggal kita edit saja teks dan kalimat yang ada di dalam template dengan kalimat kamu. Apabila terdapat foto di dalam template, kamu bisa menggantinya juga dengan foto yang kamu miliki.

Cara menambahkan fotonya, kamu hanya perlu mengklik foto yang ada di dalam template lalu pilih Ganti di menu bar bagian bawah. Kemudian ganti dengan foto milikmu.

#2. Menyimpan Desain Daftar Riwayat Hidup ke File Manager

Setelah selesai membuat Resume atau Daftar Riwayat Hidup di Canva, langkah terakhir ialah menyimpan desain tersebut ke File Manager sebagai bentuk PDF. Untuk lebih jelasnya ikuti panduan berikut:

Pertama-tama klik ikon Upload yang berada di sebelah pojok kanan atas.

Selanjutnya pilih opsi Simpan Sebagai. 

Setelah itu pada menu bagian Jenis File silahkan kamu ganti formatnya menjadi PDF lalu klik Unduh.

Sampai di sini kamu telah berhasil membuat CV di Canva. Untuk melihat hasilnya kamu dapat membuka aplikasi File Manager lalu masuk ke dalam Pictures -> Canva. 

Mungkin tidak semua perangkat smartphone berada di dalam folder Pictures -> Canva seperti yang saya sebutkan di atas ya.

#3. Contoh CV dari Canva

Berikut beberapa contoh template surat lamaran kerja dari Canva. Selain ini, masih banyak lagi ribuan template yang bisa kamu gunakan.

Keunggulan menggunakan canva versi saya yaitu kita tidak perlu repot mendesain dari awal. Selain itu kita masih bisa mengedit semua template yang digunakan agar menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Itu dia  cara membuat cv di canva. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Canva lainnya:

  1. Cara membuat Cover Buku di Canva
  2. Cara Membuat Desain PPT / Power Point di Canva
  3. Cara mengganti Background foto di Canva

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !