Cara Membuka & Mengekstrak File RAR/ZIP di Android

Cara Membuka File RAR dan ZIP di Android

Ketika mengunduh file dari suatu website terkadang file tersebut memiliki format RAR dan ZIP. Sebenarnya apa fungsi dari kedua format ini? RAR atau Zip merupakan berkas yang di dalamnya terdapat file atau dokumen yang telah dikompres sehingga ukurannya menjadi lebih kecil dari ukuran aslinya.

Pengompresan ini selain bertujuan agar ukuran file menjadi lebih kecil, juga berfungsi untuk menyatukan berbagai macam file di dalam satu berkas. Jadi ketika membuka berkas satu file dalam format rar atau zip, bisa memunculkan banyak berkas lainya.

Manfaat lain mengkompres file adalah file tersebut bisa diproteksi dengan password agar tidak dicuri oleh orang. Hal ini sangat dianjurkan bagi mereka yang sering menggunakan media online untuk mengirim file agar lebih terjaga keamananya. Nah yang jadi permasalahan sekarang, bagaimana cara membuka file rar dan zip di hp android?
 Daftar Isi Artikel(toc)

Aplikasi Untuk Membuka File RAR / ZIP di Android


Jika menggunakan laptop atau pc pada umumnya selalu menggunakan software default yaitu WinRar. Nah apakah di android juga ada aplikasi default atau kita harus instal sendiri? 

Untuk beberapa model Android telah dibekali dengan fitur extract untuk file yang berformat RAR / Zip melalui aplikasi File Manager HP tersebut. Namun bagaimana dengan Android yang belum ada fitur tersebut? Berikut daftar aplikasi pembuka serta mengekstrak file rar / zip di android.

  1. RAR
  2. ZArchiver
  3. 7Zipper - File Explorer
  4. WinZip - Zip Unzip

Nah kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi di atas untuk membuka file rar / zip di android. Selanjutnya silahkan ikuti panduan berikut untuk menggunakan beberapa aplikasi di atas.

Cara Membuka File RAR/ZIP di Android

#1. Menggunakan WinRar

Pertama instal terlebih dahulu aplikasi RAR dari playstore atau melalui tautan berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rarlab.rar.


Setelah itu buka aplikasi RAR lalu masuklah ke dalam folder yang berisi file rar yang akan diekstrak.

Kemudian Ketuk Tahan pada file yang hendak diekstrak lalu akan tampil menu bar, pilih yang Ekstrak Disini.


Selesai. 

Selain itu ada cara lain meng ekstrak menggunakan aplikasi RAR. Berikut langkahnya:

Pertama centang kolom yang berada di sebelah kanan file rar lalu ketuk ikon ekstrak di sebelah atas.


Setelah tampil menu baru, klik tombol OK yang berada di bagian bawah.


Terakhir, tunggu hingga proses selesai.

#2. Menggunakan ZArchiver

Jika belum mempunyai aplikasinya unduh aplikasi ZArchiver dari playstore atau melalui tautan berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=ru.zdevs.zarchiver.


Setelah itu buka aplikasi ZArchiver dan cari file yang ingin diekstrak. Setelah ketemu Ketuk Tahan File tersebut hingga tampil sebuah menu.


Setelah itu pilih yang Ekstrak Disini.


Selesai, terakhir tinggal tunggu hingga proses selesai.

#3. Menggunakan RS Manajer File


RS Manajer File berbeda dengan kedua aplikasi di atas. Akan tetapi kamu masih bisa membuka file rar atau zip melalui RS Manajer File. 

Pertama unduh dan instal aplikasi RS Manajer File dari playstore atau melalui tautan berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rs.explorer.filemanager.


  • Setelah selesai buka aplikasi tersebut lalu cari folder yang berisi file rar atau zip yang ingin diekstrak.


Setelah itu ketuk tahan file yang ingin diekstrak tadi lalu ketuk Ikon Tiga Titik di bagian bawah kemudian pilih Ekstrak ke.


Setelah itu pilih folder yang saat ini yang kamu buka. (Misal di folder odebery/). Kemudian klik OK.


Terakhir tunggu hingga proses pengekstrakan file selesai.

Cara Ekstrak File Zip / RAR di Android Tanpa Aplikasi


Bagi pengguna HP Xiaomi, tahukah kamu kalau di dalam aplikasi file manager pada HP Xiaomi bisa digunakan untuk mengekstrak file rar maupun zip? 

Pertama buka aplikasi File Manager di HP Xiaomi kamu, lalu buka Folder yang berisi file RAR / ZIP yang akan diekstrak.


Setelah itu ketuk sekali pada file RAR / ZIP yang akan diekstrak maka akan tampil sebuah menu, pilih Ekstrak Di sini.

Cara ekstrak file zip di android tanpa aplikasi

Selesai. Tunggulah hingga prosesnya selesai.

Itulah beberapa cara membuka file rar dan zip android dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Semoga artikel ini bermanfaat.
Tags
Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !