Cara Membuat Desain Infografis di Aplikasi Canva

Cara membuat infografis di canva

Infografis merupakan salah satu cara untuk mengedukasi pembaca melalui desain dengan gambar + informasi singkat supaya orang lain mudah menangkap informasi yang disampaikan. 

Dengan adanya infografis yang disediakan pada tempat-tempat tertentu, akan sangat membantu orang lain untuk memahami apa yang perlu diperhatikan dari wilaya tersebut. Seperti misalnya sebuah denah lokasi dari tempat taman wisata.

Membuat infografis dapat dilakukan melalui power point dan seiring berkembangnya teknologi, membuat infografis dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai aplikasi. Yup! Salah satu aplikasi tersebut adalah Canva.

Keunggulan dari aplikasi Canva adalah fitur Templatenya yang sangat banyak dan bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Dengan template itu kamu bisa membuat infografis tanpa perlu mendesain ulang dari awal lho. 

Hal inilah kenapa saya merekomendasikan Canva untuk membuat infografis karena tinggal kita edit-edit selesai deh. Nah, Lalu bagaimana cara membuat infografis di aplikasi canva? Berikut langkah-langkahnya.

Cara Membuat Infografis Menggunakan Aplikasi Canva

1. Pertama buka aplikasi canva lalu buat desain baru dengan mengetuk tombol + di bagian bawah layar.

2. Kemudian tentukan ukuran file desain. Kamu bisa menggunakan fitur Pencarian lalu ketik Infografis. Setelah itu pilih salah satu Ukuran Infografis yang muncul di bawahnya.


Cara Membuat Infografis di Canva

3. Selanjutnya buka menu Template lalu cari template sesuai dengan jenis infografis yang ingin kamu buat. Misal contoh di sini menggunakan Infografis Pendidikan.


Cara Membuat Infografis di Canva

4. Setelah itu edit teks yang ada pada template tersebut dengan teks kamu sendiri.

5. Jika perlu kamu bisa menambahkan elemen lainnya. Buka menu Elemen lalu cari desain elemen yang cocok dengan jenis Infografis yang kamu gunakan.


Cara Membuat Infografis di Canva

6. Setelah selesai, kamu bisa menyimpan desain tersebut dengan mengetuk ikon Upload yang berada di kanan atas layar.


Cara Membuat Infografis di Canva

7. Lalu pilih Simpan Sebagai.

8. Kemudian pada opsi Jenis File ubah menjadi Cetak PDF lalu klik Unduh.


Cara Membuat Infografis di Canva

9. Selesai. 

Jenis-Jenis Infografis

Sedikit informasi yang mungkin perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa jenis infografis yang biasa digunakan, diantaranya:

#1. Infografis statistik

Infografis statistik digunakan untuk keperluan penting seperti hasil survei, menyajikan data dari banyak sumber, atau membuat argumen dengan data yang relevan dan informatif. Supaya lebih mudah dipahami kamu bisa menyertakan chart, ikon, gambar serta gaya tulisan / font yang menarik.

#2. Infografis informasional

Infografis informasional bisa digunakan untuk memaparkan konsep baru / khusus dengan informasi yang jelas. Atau bisa juga untuk memberikan sebuah gambaran secara umum pada suatu topik.

Infografis informasional bisa dibagi menjadi beberapa bagian dengan judul yang deskriptif serta biasanya terdapat penomoran pada setiap bagian untuk membantu alur desain.

#3. Infografis Timeline

Infografis Timeline merupakan infografis yang digunakan untuk memvisualisasikan waktu seperti misal history sejarah, event / tanggal penting, dan memberikan gambaran tentang suatu peristiwa.

Biasanya seseorang cenderung secara spasial, maka dari itu visual infografis timeline dapat membantu seseorang untuk melihat gambaran tentang kerangka waktu dengan lebih jelas dengan bantuan beberapa elemen seperti garis, label, icon dan foto.

Oh iya, penulisan infografis yang benar adalah infografis bukan infografik. Karena saya masih menemukan kesalahan dalam menulis kata infografis ini.

Nah itulah  cara membuat infografis di canva. Jika artikel ini bermanfaat bisa sobat bantu share ke sosial media sobat untuk menambah semangat saya dalam membuat artikel lainnya. Terimakasih.

Artikel Canva lainnya:

1. Cara membuat Spanduk di Canva

2. Cara membuat Twibbon di Canva

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !