Cara Membuat Video dengan Teks Animasi Bergerak di Canva

Cara membuat teks video animasi bergerak di canva

Di dalam aplikasi Canva banyak fitur yang perlu kita pelajari satu per satu. Dan ternyata di Canva kamu bisa membuat sebuah video animasi sendiri lho.

Jadi pada intinya, kita bisa mengubah sebuah elemen yang statis menjadi bergerak layaknya animasi. Bukan satu elemen saja sih yang terkena efek animasinya, tapi satu template yang mencangkup semua elemen di dalamnya.

Selain elemen, kamu juga bisa mensetting animasi pada teks yang ada di dalam template tersebut. Jadi ada 3 varian animasi, animasi untuk teks, animasi untuk elemen dan animasi untuk halaman. 

Penasaran seperti apa tutorialnya? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini sampai selesai.

Cara Membuat Teks Video dengan Animasi Bergerak di Canva

Pertama tentukan ukuran animasi video yang ingin kamu buat. Sebagai contoh, saya memakai ukuran 1080 x 1080 piksel.

Cara Membuat Teks Video Animasi Bergerak di Canva

Langkah selanjutnya kamu dapat menyesuaikan warna background pada templatenya terlebih dahulu. Setelah itu buka menu teks dengan cara pilih ikon + di bagian bawah lalu pilih menu Teks.

Cara Membuat Teks Video Animasi Bergerak di Canva

Setelah itu pilih salah satu teks yang telah ditambahkan tadi kemudian buka menu Animasikan di bagian bawah lalu pilih efek animasi yang kamu inginkan.

Ulangi langkah ini ke setiap teks yang kamu buat. Oh iya, efek animasinya tidak harus sama, kamu bisa menerapkan efek animasi lainnya pada teks yang berbeda.

Cara Membuat Teks Video Animasi Bergerak di Canva

Selanjutnya tambahkan elemen animasi untuk memperindah desain yang sedang dibuat. 

Buka menu Elemen lalu ketik kata kunci Animasi pada kolom pencarian lalu pilih opsi Grafis. Kemudian klik ikon setelan di sebelah pencarian lalu centang opsi Beranimasi dan simpan.

Cara Membuat Teks Video Animasi Bergerak di Canva

Sebelum menyimpan videonya kamu bisa melihat preview dari desain yang kamu buat. Caranya cukup tekan ikon Play di sebelah atas maka otomatis akan memutar desain video tersebut. 

Cara Membuat Teks Video Animasi Bergerak di Canva

Apabila semuanya sudah oke, kamu bisa mengunduh desain video tersebut dengan format mp4.

Pilih ikon upload di sebelah kanan atas lalu pilih Unduh kemudian ubah Jenis File menjadi MP4 dan klik Unduh.

Selesai. Dengan ini kamu telah berhasil membuat video teks animasi bergerak di Canva. Untuk membuat animasi lainnya kamu bisa mencoba-coba menggunakan fotor sendiri atau menggunakan elemen statis.

Meskipun elemen statis tidak bergerak, tapi bisa juga lho dibuat menjadi animasi. Saya sudah membahasnya dalam artikel Cara membuat animasi stop motion di canva.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !