Cara Mengecek Laporan Komisi Shopee Affiliate Lengkap

Cara Mengecek Komisi Shopee Affiliate

Odebery.com - Pada era digital seperti sekarang, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari Internet salah satunya adalah menjadi program Shopee Affiliate. 

Afiliasi Shopee adalah program dari Shopee for Creators di mana Anda dapat memasarkan produk yang ada di Shopee ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Tikto dan media lainnya.

Dengan membagikan tautan atau link dari produk yang Anda ambil melalui program Afiliasi Shopee, Anda akan mendapatkan komisi apabila ada orang lain yang membeli produk melalui tautan Anda. 

Pastinya sudah pada tahu teknik dasar untuk mendapatkan penghasilan dari program ini. Lalu bagaimana cara mengetahui banyak komisi yang didapatkan dari promosi produk di media sosial?

Bagi Anda yang baru bergabung menjadi mitra Afiliasi Shopee, memeriksa jumlah komisi diperlukan sebagai bahan evaluasi, baik untuk meningkatkan pendapatan atau mengetahui penyebab komisi menurun. Ada juga orang -orang yang memeriksa untuk mengetahui berapa banyak saldo yang mereka dapatkan.

Apabila ada kendala seperti saldo komisi menghilang, Anda tidak perlu khawatir karena dalam aplikasi Shopee memiliki laporan harian, mingguan dan bulan secara detail dan transparan.

Cara Mengecek Laporan Komisi Shopee Affiliates

Untuk memeriksa komisi yang Anda dapatkan dari Afiliasi Shopee, ada dua cara yang dapat digunakan, diantaranya:

1. Melalui Shopee Affiliates Program

1. Langkah pertama: Buka aplikasi Shopee di smartphone Anda kemudian masuk buka menu Saya di bagian bawah lalu pilih Shopee Affiliates Program.

2. Langkah kedua: Selanjutnya pada halaman ini terdapat 4 menu pilihan, diantaranya:

  1. Penawaran
  2. Komisi
  3. Koleksi
  4. Akun
Untuk melihat berapa total komisi yang Anda dapatkan dari hasil afiliasi, silahkan buka menu Komisi. Maka komisi Anda akan tampil di bagian Total Estimasi Komisi Bulan ini. 

Cara Mengecek Komisi Shopee Affiliate

Namun perlu diketahui bahwa komisi yang ditampilkan pada halaman ini adalah komisi yang belum tervalidasi. Artinya, penghasilan Anda bisa saja berbeda dengan jumlah komisi yang berada pada halaman ini. 

2. Melalui Laporan Mingguan 

1. Langkah pertama: Buka aplikasi Shopee di smartphone Anda, kemudian buka menu Notifikasi yang berada di bagian bawah.

2. Langkah kedua: Selanjutnya akan tampil beberapa segmen notifikasi Shopee, silahkan buka pada bagian Info Shopee.

Cara Mengecek Komisi Shopee Affiliate

3. Langkah ketiga: Setelah itu silahkan buka notifikasi laporan mingguan dari Shopee Affiliates lalu klik gambar Laporan Order & Komisi

Cara Mengecek Komisi Shopee Affiliate

4. Langkah keempat: Terakhir akan muncul halaman periode laporan komisi dari seminggu sebelumnya. Selain itu Anda juga dapat memeriksa laporan lainnya hingga panduan pembayaran komisi.

Cara Mengecek Komisi Shopee Affiliate

Catatan: Apabila Anda tidak menemukan notifikasi laporan afilasi, silahkan menunggu hingga minggu berikutya.

Mengapa Komisi Afiliasi Shopee Saya Menghilang?

Mungkin Anda bertanya -tanya, mengapa komisi afiliasi Shopee saya menghilang atau diubah menjadi 0 di dashboard Afiliasi Shopee? Biasanya saldo Afiliasi Shopee akan berubah menjadi 0 pada awal setiap bulan.

Itu karena komisi yang didapatkan setelah melalui proses akumulasi saldo telah dicairkan ke rekening bank atau shopeepay. Jadi ada baiknya memeriksa riwayat transaksi untuk memastikan komisi Anda telah dicairkan atau belum.

Cara Mencairkan Komisi Afiliasi Shopee

Supaya komisi Afiliasi dapat dicairkan, Anda harus terlebih dahulu menambahkan alamat pembayaran rekening bank atau mengaktivasi akun Shopeepay dalam program Afiliasi Shopee. 

Mengingat kebijakan Afiliasi Shopee bahwa komisi akan dibayar melalui Shopeepay jika nominal yang diakumulasikan dibawah satu juta. Namun jika di atas itu, maka komisi akan ditransfer ke nomor rekening yang telah Anda daftarkan di halaman pengaturan pembayaran.

Pembayaran akan dilakukan setiap 2 (dua) minggu dalam satu bulan. Adapun beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sehubungan dengan pencairan komisi Affiliates Shopee adalah:

  1. Proses pembayaran memerlukan waktu kurang lebih 1 (satu) minggu
  2. Apabila selama 1 (satu) minggu proses pembayaran belum terselesaikan, pembayaran masih tetap diproses dan tidak dikategorikan sebagai penundaan.
  3. Pastikan Shopeepay Anda belum mencapai batas akumulasi saldo bulanan, yaitu Rp.20.000.000 untuk akun yang belum ditingkatkan dan Rp.40.000.000 untuk akun yang telah ditingkatkan ke Shopeepay Plus
  4. Pembayaran akan ditunda apabila nominal komisi di bawah Rp.10.000 dan akan masuk ke jadwal pembayaran selanjutnya

Berapa Komisi Afiliasi Shopee?

Mungkin Anda juga bertanya -tanya berapa banyak komisi yang diperoleh dari program Afiliasi Shopee untuk 1 produk yang dijual? Untuk sementara skema komisi dari program ini adalah:

  • Shopee Partner: Pesanan dari Toko yang Dipromosikan: 10% dan Pesanan dari Selain Toko yang Dipromosikan 2% (Maximum Rp.50.000)
  • Shopee Influencer & Affiliates: Pesanan dari Toko yang Dipromosikan: 5% dan Pesanan dari Selain Toko yang Dipromosikan 1% (Maximum Rp.10.000)

Nah dari sini terlihat sekali perbedaan skema komisi bagi yang belum menjadi partner. Oleh karena itu apabila Anda ingin mendapatkan lebih banyak pendapatan komisi, silahkan bergabung menjadi Shopee Partner ya.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !