Jelaskan Pengertian Hereditas!

Berikut ini kami sajikan kembali pembahasan contoh soal Biologi Kelas 12 SMA dan MA program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kita akan membahas Bab Hereditas dan Mutasi, khususnya tentang pengertian Hereditas. Apa itu hereditas dan seperti apa penjelasannya, baca langsung di bawah ini.

Jelaskan Pengertian Hereditas!

Hereditas adalah penurunan sifat dari induk kepada keturunannya. Keturunan yang dihasilkan dari perkawinan antar individu mempunyai perbandingan fenotip maupun genotip yang mengikuti aturan tertentu. Aturan-aturan dalam pewarisan sifat ini disebut pola-pola hereditas.

Hukum Mendel I dan II

Teori pertama tentang sistem pewarisan yang dapat diterima kebenarannya dikemukakan oleh Gregor Mendel pada 1865.

Teori tersebut diajukan berdasarkan penelitian persilangan berbagai varietas kacang kapri (Pisum sativum). 

Mendel menyilangkan kacang kapri (pisum sativum) dengan memperhatikan satu sifat beda yang mencolok, seperti kapri berbunga merah disilangkan dengan kapri berbunga putih, kapri berbiji bulat disilangkan dengan kapri berbiji keriput. 

Hasil percobaan Mendel, ditulis dalam makalah yang berjudul Experiment in Plant Hybridization.

Berdasarkan penelitian tersebut, Mendel merumuskan Hukum Mendel I dan Mendel II.

Dalam makalah tersebut, Mendel mengemukakan beberapa hipotesis mengenai pewarisan material genetik dari tetua kepada anaknya, di antaranya adalah Hukum Segregasi dan Hukum Perpaduan Bebas.

Hukum Segregasi atau Hukum Mendel I 

Menyatakan bahwa dalam pembentukan sel gamet, pasangan alel akan memisah secara bebas. Sedangkan, Hukum Perpaduan Bebas atau Hukum Mendel II menyatakan bahwa alel dari lokus satu akan berpadu secara bebas dengan alel-alel dari lokus lainnya.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !