Jelaskan Pengertian Metabolisme! (Biologi Kelas 12 SMA dan MA)

Jelaskan pengertian metabolisme! berikut ini contoh soal Biologi Kelas 12 SMA dan MA program Ilmu Pengetahuan Alam tentang pengertian metabolisme dan pembagiannya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Jelaskan Pengertian Metabolisme!

Jelaskan Pengertian Metabolisme!

Pengertian Metabolisme

Makhluk multiseluler, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan tersusun atas jutaan sel. Tiap sel memiliki fungsi tertentu untuk kelangsungan hidup suatu organisme. Untuk menjalankan fungsinya, sel melakukan proses metabolisme.

Metabolisme adalah reaksi-reaksi kimia yang terjadi di dalam sel. Reaksi kimia ini akan mengubah suatu zat menjadi zat lain.

Pembagian Metabolisme

Metabolisme sel dapat dibagi menjadi dua, yaitu katabolisme dan anabolisme. Katabolisme adalah proses penguraian senyawa untuk menghasilkan energi. Sedangkan, anabolisme adalah proses sintesis senyawa atau komponen dalam sel hidup. 

Umumnya, dalam proses metabolik melibatkan aktivitas katalis biologik yang disebut enzim dengan melibatkan ATP.

Metabolisme merupakan rangkaian reaksi kimia yang diawali dengan substrat yang diakhiri dengan produk. Reaksi dalam sel tidak terjadi bolak-balik, melainkan berjalan ke satu arah. Tiap produk akan menjadi reaktan bagi reaksi selanjutnya.

Reaksi ini berurutan sampai produk akhir, membentuk suatu jalur metabolisme.

A → B B → C C → D D → E

Jalinan A →¹ B →² C →³ D →⁴ E merupakan rangkaian reaksi yang membentuk suatu jalur metabolisme. Dalam jalur ini, A adalah substrat (reaksi awal) dan E adalah produk akhir. Jalur metabolisme ini dipengaruhi oleh enzim yang mengkatalis tiap tahap reaksi kimia.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !