Jelaskan Pengertian Gen dan Alel! Apa fungsi dari Gen dan Alel tersebut?

Berikut ini kami sajikan untuk Anda contoh soal mata pelajaran Biologi Kelas 12 SMA dan MA Bab Genetika. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang pengertian Gen dan Alel serta fungsi keduanya.

Jelaskan Pengertian Gen dan Alel! Apa fungsi dari Gen dan Alel tersebut?

Jelaskan Pengertian Gen dan Alel! Apa fungsi dari Gen dan Alel tersebut?

Jawaban:

Pengertian Gen dan Alel

Gen merupakan unit terkecil materi genetik. Gen terdapat dalam setiap lokus yang khas pada kromosom. Gen adalah substansi genetik terkecil yang terdiri atas sepenggal DNA yang menentukan sifat individu melalui pembentukan polipeptida. Jadi, gen berperan penting dalam mengontrol sifat-sifat individu yang diturunkan.

Gen-gen yang ada dalam kromosom tidak memiliki batas-batas yang jelas. Walaupun demikian, gen-gen dapat diumpamakan dalam satu deretan berurutan dan teratur pada benang kromosom. Di dalam sel tubuh, kromosom biasanya berpasangan.

Sepasang kromosom merupakan homolog sesamanya, artinya keduanya mempunyai bentuk yang sama dan lokus gen-gen yang bersesuaian. Gen-gen yang terdapat pada lokus yang bersesuaian ini disebut alel.

Fungsi Gen dan Alel

Gen merupakan suatu kesatuan kimia. Sebagai materi hereditas, gen memiliki beberapa fungsi, antara lain:

a) Sebagai zarah tersendiri yang ada pada kromosom. Zarah adalah zat terkecil dan tidak dapat dibagi-bagi lagi.

b) Menyampaikan informasi genetik dari induk kepada keturunannya.

c) Mengatur proses metabolisme dan perkembangan.

Alel dapat memiliki tugas yang sama atau berlawanan untuk suatu pekerjaan tertentu. Alel yang mempunyai tugas yang sama disebut alel homozigot. Sedangkan, alel yang tugasnya berbeda disebut alel heterozigot. Alel yang tugasnya sama, misalnya gen penentu warna hitam pada gandum yang mempunyai pasangan gen penentu warna hitam pula. Contoh alel yang tugasnya berlawanan adalah gen penentu warna hitam pada gandum mempunyai pasangan gen penentu warna putih.

Kegiatan sel dikendalikan oleh gen di dalam inti. Pengendalian ini dilakukan dengan menyusun materi tertentu yang sesuai dengan pola gen untuk membentuk suatu rantai asam amino (polipeptida). Polipeptida tersebut difungsikan menjadi enzim yang akan mengatur reaksi metabolisme dalam sel.

Demikian postingan yang menyajikan contoh soal Biologi kelas 12 lengkap dengan jawaban atau pembahasannya tentang pengertian Gen dan Alel serta fungsi dari keduanya.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !
close
X