Jelaskan Seperti Apa Reproduksi Sel Pada Organisme Eukariotik!

Berikut ini kami sajikan untuk Anda contoh soal mata pelajaran Biologi Kelas 12 SMA dan MA Bab Reproduksi Sel. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Reproduksi Sel pada Organisme Eukariotik.

Jelaskan Seperti Apa Reproduksi Sel Pada Organisme Eukariotik!

Jelaskan Seperti Apa Reproduksi Sel Pada Organisme Eukariotik!

Jawaban/Pembahasan:

Reproduksi sel pada organisme eukariotik terjadi melalui proses pembelahan sel yang diawali dengan penggandaanmmateri genetik (replikasi DNA), kemudian diikuti pembelahan kromosom. Pembelahan kromosom ini akan diikuti oleh pembelahan nukleus, lalu diakhiri dengan pembelahan sel.

Pembelahan sel pada organisme eukariotik dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu mitosis dan meiosis. Mitosis dapat terjadi pada setiap organ dan berfungsi membentuk sel dengan jumlah kromosom yang sama. Sedangkan, pembelahan meiosis hanya berlangsung pada jaringan organ seks dan berfungsi mereduksi jumlah kromosom menjadi separuhnya.

Mitosis dan meiosis merupakan pembelahan sel secara tidak langsung, yaitu melalui tahapan-tahapan tertentu, dan ditandai dengan penampakan yang berbeda-beda dari kromosom yang dikandungnya. Pada saat pembelahan sel, kromosom mudah diamati di bawah mikroskop, karena benang-benang kromatin menebal dan memendek serta mudah menyerap warna. 

Sebelum sel membelah, sel melakukan persiapan, seperti pembelahan organel-organel sel, setelah pembelahan sel selesai, terjadi proses pertumbuhan atau pertambahan sel. 

Demikian postingan yang menyajikan contoh soal Biologi kelas 12 lengkap dengan jawaban atau pembahasannya tentang beberapa istilah Biologi yang ada pada pembahasan Genetika. Semoga bermanfaat.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !