Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 7 Sistem Pencernaan pada Manusia

Berikut ini rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 7 Sistem Pencernaan pada Manusia. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan Anda dalam belajar secara mandiri Biologi kelas 11 khususnya Bab Sistem Pencernaan Pada Manusia.

Biologi kelas 11 Bab Sistem Pencernaan Pada Manusia terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:

  1. Kegiatan Pembelajaran Pertama: Zat Makanan
  2. Kegiatan Pembelajaran Kedua: Saluran dan Kelenjar Pencernaan Makanan
  3. Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Kelainan dan Gangguan pada Sistem Pencernaan

Rangkuman Biologi Kelas XI Bab Sistem Pencernaan Pada Manusia

1. Zat makanan merupakan bahan-bahan yang diperlukan oleh tubuh supaya dapat tetap hidup. Makanan mempunyai berbagai fungsi, antara lain:

a. Pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

b. Pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh yang telah rusakatau tua.

c. Pengaturan metabolisme tubuh.

d. Penjaga keseimbangan cairan tubuh.

e. Pertahanan tubuh terhadap penyakit.

f. Penghasil energi.

2. Zat makanan terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, air, mineral dan vitamin.

3. Karbohidrat dibagi menjadi tiga macam,yaitu: monosakarida, disakarida, dan polisakarida

4. Protein harus diubah terlebih dahulu menjadi asam amino. Asam amino dibagi menjadi dua macam yaitu asam amino essensial dan asam amino nonessensial.

5. Lemak akan diurai menjadi satu molekul gliserol dan tiga molekul asam lemak. Asam lemak dibedakan menjadi dua yaitu asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh.

6. Pencernaan pada manusia dibagi menjadi pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. Pencernaan mekanik tidak melibatkan enzim sedangkan pencernaan kimiawi melibatkan enzim.

7. Sistem pencernaan manusia terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

8. Kelenjar pencernaan terdiri atas kelenjar ludah (saliva), pankreas, dan hati yang berperan untuk menghasilkan enzim/getah pencernaan sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.

9. Fungsi sistem pencernaan adalah menerima dan mencerna makanan. Setelah dicerna, nutrisi tersebut diserap dan disalurkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Sistem pencernaan juga berfungsi untuk memisahkan dan membuang sisa makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh.

10. Untuk menghindari penyakit atau gangguan yang akan mengancam, seperti misalkan memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang akan kita konsumsi, kebersihan mulut dan gigi, konsumsi makanan bergizi dan masih banyak yang lainnya

11. Ada beberapa kelainan atau gangguan pada sistem pencernaan makanan dapat diperiksa atau diatasi dengan alat yang disebut dengan Endoskop.

Demikian postingan Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 7 Sistem Pencernaan Pada Manusia. Rangkuman dirujuk dari Modul PJJ Biologi kelas 11 dengan dikemas lagi agar mudah dipelajari. Semoga bermanfaat.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !