Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 8 Mutasi pada Makhluk Hidup

Berikut Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Biologi Kelas 12. Postingan kali ini menyajikan Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 8 yang membahas tentang Mutasi pada Makhluk Hidup.

Biologi kelas XII Bab Mutasi pada Makhluk Hidup sebagimana telah disampaikan pada postingan sebelumnya yang membahas tentang Contoh Soal Biologi Kelas 12 Bab Mutasi pada Makhluk Hidup terdiri dari dua kegiatan pembelajaran. Materi pokok yang dibahas dalam Bab Mutasi pada Makhluk Hidup ini terdiri dari:

- Pertama: Pengertian dan jenis jenis mutasi.

- Kedua: Penyebab mutasi

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi dengan meng-klik tombol share pada postingan ini. Terimakasih.

Rangkuman Biologi Kelas XII Bab 8 Mutasi pada Makhluk Hidup

Berikut ini rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi Kelas 12 Bab 8 Mutasi pada Makhluk Hidup. Rangkuman dibuat per kegiatan pembelajaran. Selamat membaca dan mempelajari.

A. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Pengertian dan Jenis-jenis Mutasi

1. Mutasi adalah perubahan struktur materi genetik yang dapat diturunkan kepada generasi berikutnya jika terjadi pada sel gamet dan tidak diturunkan jika terjadi pada sel tubuh.

2. Berdasarkan tingkatan terjadinya, mutasi dibedakan menjadi dua, yaitu Mutasi gen dan Mutasi kromosom

3. Mutasi gen dapat dibagi menjadi dua kategori umum bedasarkan mekanisme perubahan susunan basa nukleotida yaitu subtitusi pasangan basa dan penambahan atau pengurangan pasangan basa. Salah satu contoh mutasi gen yang terjadi pada manusia yang menyebabkan terjadinya perubahan fungsi akibat terbentuknya protein baru, yaitu kelainan sickle cell anemia. Gen penderita kelainan ini mengalami pergantian satu jenis basa dan menghasilkan kesalahan dalam susunan rantai polipeptida asam amino pada molekul hemoglobin.

4. Mutasi besar (gross mutation) adalah perubahan yang terjadi pada struktur dan susunan kromosom. Mutasi ini biasa disebut mutasi kromosom atau aberasi, yang terdiri dari delesi, duplikasi, inversi, dan traslokasi.

5. Mutasi kromosom sering terjadi karena kesalahan meiosis. Mutasi kromosom dibedakan menjadi dua yaitu, perubahan jumlah kromosom dan perubahan struktur kromosom. Perubahan jumlah kromosom dapat dibedakan menjadi aneuploidi (penambahan atau pengurangan satu atau beberapa kromosom) dan euploidi (penambahan atau pengurangan set kromosom).

B. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Penyebab Mutasi

1. Penyebab mutasi kromoson karena perubahan struktur kromosom berlangsung secara spontan, dan dapat juga dilakukan secara eksperimental dengan induksi bahan kimia atau radiasi. Perubahan ini umumnya dapat dilihat pada sel selama mitosis atau miosis. Beberapa penyebabnya antara lain: delesi kromosom, duplikasi kromosom, inversi kromosom, traanslokasi kromosom, isokromosom dan katenasi.

2. Penyebab mutasi gen terjadi karena adanya perubahan struktur gen (DNA), akibatnya asam amino yang dikodekan berubah sehingga terbentuk protein yang salah. Penyebabnya antara lain: delesi, addisi, dan subtitusi.

3. Mutasi terjadi karena faktor alami maupun buatan, sedangkan penyebab mutasi (mutagen) terdiri dari mutagen kimia, mutagen fisik, dan mutagen biologi.

4. Pemanfaatan mutasi dibedakan menjadi dua yaitu pemanfaatan yang menguntungan dan pemanfaatan yang merugikan. Beberapa contoh pemanfaatan mutasi yang menguntungkan misalnya: terapi sel tumor, pemuliaan tanaman, dan tanaman poliploidi. 

Demikian postingan tentang Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 12 Bab 8 yang membahas tentang Mutasi pada Makhluk Hidup. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan yang lainnya.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !