Rangkuman IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 3 Pusat Keunggulan Ekonomi

Rangkuman IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 3 Pusat Keunggulan Ekonomi - berikut ini sajian Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap (Semester 2).

Pada postingan kali ini Rangkuman IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 3 yang membahas tentang Pusat Keunggulan Ekonomi. Silahkan dibaca dan dipelajari.

IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 3 Pusat Keunggulan Ekonomi, meliputi tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:

  1. Kegiatan Pembelajaran 1 Pusat-pusat Keunggulan Ekonomi
  2. Kegiatan Pembelajaran 2 Pengaruh Pusat Keunggulan Ekonomi
  3. Kegiatan Pembelajaran 3 Pasar Bebas

Rangkuman IPS Kelas IX Bab 3 Pusat Keunggulan Ekonomi (Semester 2)

A. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1 Pusat-pusat Keunggulan Ekonomi

√ Sebagai negara yang terdiri atas ribuan pulau dan terletak di antara dua benua dan dua samudera, wilayah kepulauan Indonesia memiliki sebuah posisi yang unik, dan tiap kepulauan besarnya memiliki peran strategis masing-masing yang ke depannya akan menjadi pilar utama untuk mencapai visi Indonesia tahun 2025. Dengan memperhitungkan berbagai potensi dan peran strategis masing-masing pulau besar (sesuai dengan letak dan kedudukan geografis masing-masing pulau), pemerintah menetapkan 6 (enam) koridor ekonomi Indonesia yang berbeda-beda dan telah disesuaikan dengan kondisi dan potensi di setiap wilayahnya.

√ Indonesia memiliki keunggulan berupa sumber daya alam yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa contoh keunggulan yang dimiliki Indonesia antara lain emas yang dikelola oleh PT Freeport, Tambang minyak bumi yang dikelola oleh negara dan kesenian batik milik rakyat. 

B. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2 Pengaruh Pusat Keunggulan Ekonomi

√ Meningkatnya jumlah penduduk di daerah pusat keunggulan ekonomi, karena banyaknya pendatang dari daerah lain karena untuk mendapatkan pekerjaan

√ Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap transportasi:

a. Meningkatnya pembangunan jalan-jalan menuju pusat keunggulan ekonomi,

b. Meningkatnya sarana angkutan darat seperti bus, kereta api dan lain-lain

c. Meningkatnya kepadatan lalu lintas yang berdampak pada kemacetan

√ Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap lembaga sosial ekonomi:

a. Munculnya lembaga pendidikan/sekolah, sebagai contoh di area Freeport dibangun sekolah-sekolah untuk anak-anak para karyawan

b. Munculnya lembaga ekonomi, yang menyalurkan barang-barang dari tempat lain ke pusat keunggulan ekonomi atau sebaliknya, misalnya bahan mentah di datangkan dari daerah lain kemudian barang produksi dikirim ke daerah lain.

c. Lembaga keluarga, yaitu masuknya keluarga-keluarga baru yang datang ke pusat keunggulan ekonomi karena mencari nafkah di pusat keunggulan ekonomi

d. Lembaga politik, berperan dalam mengatur hubungan pemerintah dengan perusahaan-perusahaan yang berada di pusat-pusat keunggulan ekonomi tersebut

e. Lembaga agama, merupakan lembaga yang mengakomodir sistem keyakinan individu. Dengan semakin kompleksnya penduduk akibat migrasi maka berdampak pula pada kompleksnya agama yang dianut masyarakat sehingga perlu adanya lembaga-lembaga agama sesuai yang dianut warga masyarakat di daerah pusat keunggulan ekonomi

√ Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap pendidikan:

a. Meningkatnya kebutuhan tenaga kerja berpendidikan tinggi

b. Ketatnya persaingan tenaga kerja karena semakin meningkatnya pendidikan 

√ Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap ketenagakerjaan:

a. Bertambahnya kebutuhan tenaga kerja

b. Mengurangi pengangguran

C. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 3 Pasar Bebas

√ Pengertian pasar bebas atau perdagangan bebas

Pasar bebas adalah suatu pasar yang dimana para penjual dan para pembeli mempunyai kebebasan penuh dalam memutuskan masalah perdagangan dan juga bisnisnya. Dapat disebut juga, di dalam sistem ekonomi pasar bebas, para penjual maupun para pembeli benar-benar memiliki kebebasan yang penuh dalam menjalankan kegiatan-kegiatan perdagangan mereka. Setiap individu, masyarakat maupun perusahaan dapat memiliki berbagai jenis sumber produksi maupun alatalat produksi. Tetapi walaupun namanya pasar bebas, sebenarnya tidak benarbenar bebas, terdapat aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh kedua belah pihak.

Ada juga definisi lain dari pasar bebas yaitu suatu proses dimana kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan tidak adanya peraturan atau hambatan buatan yang diterapkan oleh pemerintah dalam perdagangan antara individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda. Dengan tidak adanya hambatan yang diterapkan oleh pemerintah dalam melaksanakan perdagangan, tentunya terdapat kebebasan aturan, cara dan juga jenis barang yang dijual. Maka, muncullah persaingan dagang yang sangat ketat baik itu antara individu ataupun perusahaan yang berada di Negara yang berbeda yaitu yang kita kenal dengan istilah ekspor dan impor atau proses penjualan dan proses pembelian yang dilakukan antara Negara.

Pasar bebas juga ditandai dengan adanya pembagian kelas-kelas sosial seperti kelas pemilik modal dan kelas pekerja. Dimana kelas pemilik modal merupakan pemilik alat-alat produksi, membeli dan mengeksploitasi tenaga kerja serta menggunakan nilai surplus (nilai lebih) dari pekerja untuk mengakumulasi atau memperluas modal mereka, sedangkan kelas pekerja hanya memiliki kemampuan untuk bekerja dengan tangan dan pikiran mereka. Para pekerja ini harus mencari penghasilan kepada para pemilik modal. 

√ Ciri-ciri pasar bebas atau perdagangan bebas:

a. Kepemilikan alat dan sumber produksi bebas dimiliki oleh semua pihak.

b. Terdapat pembagian kelas dalam perekonomian masyarakat.

c. Adanya persaingan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

d. Campur tangan dari pemerintah terbatas

√ Yang harus disiapkan oleh pengusaha UMKM agar dapat bersaing dalam pasar bebas atau perdagangan bebas:

a. Kreatif dalam produk

b. Promosi dengan menggunakan teknologi

c. Selalu berinovasi

d. Mencari modal

e. Mempelajari masalah perizinan

f. Memahami alur melakukan ekspor impor

√ Contoh organisasi-organisasi dalam perdagangan bebas:

- AFTA

- Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

- Asia Pasific Economic Corporation (APEC)

- Masyarakat Ekonomi Eropa (MEA)

- World Trade Organization (WTO)

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !
close