Soal Essay IPS Kelas VIII Perubahan dan Interaksi Antar Ruang ASEAN

Soal IPS Kelas 8 Perubahan dan Interaksi Antar Ruang ASEAN. Contoh soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 semester 1 (semester ganjil/semester gasal). Kali ini sajikan soal IPS pembahasan kegiatan pembelajaran pertama bagian dari IPS Kelas 8 Bab III yang membahas tentang Perubahan dan Interaksi Antar Ruang ASEAN.

IPS Kelas VIII SMP/MTs Bab III Asyiknya Mengenal Ragam Kehidupan Masyarakat di Negara-negara ASEAN membahas tiga Kegiatan Pembelajaran.

  1. Kegiatan pembelajaran Pertama tentang Perubahan dan Interaksi Antar Ruang ASEAN. 
  2. Kegiatan pembelajaran kedua tentang Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Perubahan Ruang ASEAN.
  3. Kegiatan Pembelajaran Ketiga tentang Perubahan Ruang terhadap Kegiatan Ekonomi ASEAN.

Bangsa-bangsa ASEAN memiliki kesamaan dan perbedaan dalam aspek iklim dan geologi. Secara mayoritas iklim di negara-negara ASEAN adalah tropis yang kaya akan hujan. Kondisi ini berpengaruh terhadap mata pencaharian masyarakat ASEAN. 

Secara geologis wilayah ASEAN memiliki kekayaan dalam hal sumber daya alam seperti panas bumi dan hasil tambang. Di sisi lain bangsa-bangsa ASEAN sangat dekat dengan berbagai bencana alam. Beberapa kesamaan dan saling ketergantungan tersebut justru menumbuhkan sikap saling kerja sama bangsa-bangsa ASEAN. Hal ini membuktikan bahwa negara-negara ASEAN sama-sama membutuhkan untuk membangun kesejahteraan rakyat.

Nah, berikut ini adalah soal essay IPS Kelas 8 pembahasan kegiatan pembelajaran pertama Perubahan dan Interaksi Antar Ruang ASEAN. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Soal Essay IPS Kelas VIII Perubahan dan Interaksi Antar Ruang ASEAN

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Sebutkan kesamaan faktor iklim negara-negara ASEAN!

Jawaban:

Kesamaan faktor iklim : Sebagian besar ASEAN ada di wilayah tropis, kaya curah hujan, panas matahari sepanjang tahun Kesamaan faktor geologi : mayoritas memiliki lahan pertanian perkebunan, dan bahan tambang

2. Bagaimana dampak atau pengaruh kesamaan kondisi alam bagi masyarakat di negara-negara ASEAN!

Jawaban:

Kesamaan factor alam menyebabkan sebagian bangsa-bangsa ASEAN memiliki penduduk yang bermata pencaharian sama di bidang pertanian, perkebunan, perairan, ekspor tambang. Terjadi pula saling ketergantungan karena masing-masing negara memiliki surplus yang dibutuhkan negara lain. Singapura merupakan contoh negara yang sangat tergantung negara lain

3. Bagaimana dampak bencana alam bagi interaksi negara-negara ASEAN?

Jawaban:

Bencana alam yang terjadi di ASEAN menimbulkan dampak tidak hanya dalam satu negara. Misalnya gempa bumi, kebakaran hutan, badai angin. Karena itu perlu kerjasama untuk menanggulangi dan mengatasi bencana tersebut.

4. Mengapa Singapura negara kecil dan tidak memiliki kekayaan tambang tetapi mampu menjadi negara maju?

Jawaban:

Singapura tidak memiliki kekayaan tambang tetapi mampu menjadi negara maju karena sumber daya manusia yang sangat kuat. Selain itu Singapura memiliki tempat strategis dalam perekonomian dunia.

5. Bagaimana pengaruh kesamaan faktor geologis terhadap interaksi negara-negara ASEAN?

Jawaban:

Faktor geologis berpengaruh terhadap interaksi negara-negara ASEAN yaitu letak geologis (tempat pertemuan dua lempeng besar), gunung berapi, yang berpengaruh pada berbagai aspek

Demikian postingan yang menyajikan contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Semester 1 Bab 3 pembahasan kegiatan pembelajaran yang pertama tentang Perubahan dan Interaksi Antar Ruang ASEAN lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat, silahkan baca postingan-postingan lainnya. Selamat dan semangat belajar untuk masa depan yang lebih baik.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !