Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia + Kunci Jawabannya

Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia + Kunci Jawabannya. Pembaca, berikut ini posting contoh soal pilihan ganda Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 SMP/MTs Semester 2 (Semester Genap) Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Silakan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Soal Pilihan Ganda IPS Kelas VIII Semester 2 Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia

Jawablah soal-soal dibawah ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Bangsa Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah

2) Bangsa Barat datang ke Indonesia untuk mencari kekayaan

3) Bangsa Barat tidak suka dengan imperialisme modern

4) Bangsa Barat datang ke Indonesia untuk mencari kejayaan

5) Bangasa Barat mengalami perkembangan Revolusi Industri

Pernyataan di atas yang menjadi faktor pendorong datangnya bangsa Barat ke Indonesia ditunjukan pada nomor…

a. 1), 2), dan 3)

b. 1), 2), dan 4)

c. 2), 3), dan 4)

d. 2), 3), dan 5) 

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Beberapa faktor yang menyebabkan bangsa Barat datang ke Indonesia antara lain:

1) Jatuhnya Konstantinopel yang mengakibatkan harga rempah-rempah di Eropa mahal,

2) Revolusi Industri yang mendorong terciptanya beberapa penemuan yang memicu bangsa Barat melakukan berbagai petualangan. Penemuan tersebut antara lain kompas, mesin pemintal, dan mesin uap,

3) Motivasi 3G (gold, glory, dan gospel).

2. Imperialisme yang berkembang pada masa sebelum Revolusi Industri yang terkenal dengan semboyan Gold, Gospel, dan Glory berkembang pada masa…

a. modern imperialism

b. old imperialism

c. acient imperialism

d. new imperialism

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Acient imperialism disebut juga dengan imperialisme kuno yang berkembang pada masa sebelum Revolusi Industri dengan semboyan Gold, Gospel, and Glory (Kekayaan, Penyebaran Agama, dan Kejayaan). Modern imperialism disebut juga dengan imperialisme modern yang betujuan untuk memperoleh kemajuan ekonomi. Muncul sesudah Revolusi Industri dalam rangka mencari bahan mentah yang banyak dan pasar yang luas.

3. Tokoh penjelajah samudra yang berprofesi sebagai saudagar dari Venesia, Italia bernama…

a. John Cabot

b. James Cook

c. Amerigo Vespucci

d. Marco polo

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Marco Polo adalah seorang pedagang dan penjelajah Italia yang pernah menyusuri jalan sutera. Ia pergi ke Tiongkok semasa berkuasanya Dinasti Mongol. Ia belajar tentang perdagangan selagi ayah dan pamannya, Niccolo dan Maffeo, melakukan perjalanan melalui Asia dan tampaknya bertemu Kubilai Khan. Pada 1269, mereka kembali ke Venesia dan bertemu Marco untuk pertama kalinya. Mereka bertiga memulai sebuah perjalanan epik ke Asia, dan kembali setelah 24 tahun, menemukan Venice berperang dengan Geno. Marco dipenjarakan, dan mengisahkan cerita kepada teman satu selnya. Ia dibebaskan tahun 1299, menjadi pedagang kaya, menikah dan punya tiga anak.

- John Cabot

Giovanni Caboto atau John Cabot (skt. 1450–skt. 1499) adalah navigator dan penjelajah Italia. Ia adalah orang Eropa pertama setelah bangsa Viking yang menemukan daratan Amerika Utara. Menurut pandangan resmi pemerintah Kanada dan Britania Raya, ia mendarat di pulau Newfoundland.

- James Cook

James Cook adalah seorang penjelajah dan navigator Inggris. Ia mengadakan tiga perjalanan ke Samudra Pasifik dan berhasil menentukan garis-garis pantai utamanya. Cook juga membuat peta. Cook adalah orang Eropa pertama yang mengunjungi Hawaii.

- Amerigo Vespucci

Amerigo Vespucci (9 Maret 1451 – 22 Februari 1512) adalah seorang pedagang, penjelajah, dan pembuat peta dari Italia. Ia memegang peranan penting dalam penjelajahan pantai timur Amerika Selatan antara tahun 1499 dan 1502. Dalam perjalanannya yang kedua, ia dikenal luas sebagai orang Eropa pertama yang menyadari bahwa Amerika Selatan memanjang ke selatan lebih jauh dari yang diperkirakan oleh orang Eropa saat itu, dan menyimpulkan bahwa wilayah itu bukanlah India, melainkan benua baru. Pada 1507, Martin Waldseemüller menerbitkan sebuah peta dunia dan memberi benua baru ini dengan nama "Amerika" berdasarkan nama Latin Amerigo Vespuci Americus sebagai penghormatan bagi pencetus benua baru, Amerika.

4. Ambisi bangsa Eropa datang ke kawasan Timur termasuk datang ke Indonesia berkaitan dengan adanya semangat bangsa-bangsa Barat untuk melanjutkan Perang Salib dan sekaligus menyebarkan agama Kristen. Hal ini merupakan faktor pendorong kedatangan bangsa Barat dari faktor…

a. glory

b. gold

c. gospel

d. good 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Gospel adalah keinginan bangsa Barat untuk menyebarluaskan atau mengajarkan agama Nasrani khususnya agama Kristen ke bangsa Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Glory keinginan bangsa Barat untuk mencari kejayaan, dan Gold merupakan tujuan bangsa Barat ke Indonesia untuk mencari kekayaan.

5. Imperialisme modern muncul setelah terjadinya Revolusi Industri, karena bertujuan…

a. melakukan pembalasan terhadap negara dan bangsa lain

b. memperkuat pertahanan militer bagi bangsa Barat

c. menimbun kekayaan berupa logam mulia bagi bangsa Barat

d. mengembangkan perekonomian bangsa bangsa Barat

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Modern imperialism disebut juga dengan imperialisme modern yang bertujuan untuk memperoleh kemajuan ekonomi. Muncul sesudah Revolusi Industri dalam rangka mencari bahan mentah yang banyak dan pasar yang luas.

6. Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia berkaitan dengan bangsa Barat yang gemar berpetualang dari tempat satu ke tempat lain sebagai wujud mencari kemuliaan, keharuman atau kejayaan. Hal ini merupakan faktor pendorong kedatangan bangsa Barat dari faktor…

a. glory

b. gold

c. gospel

d. good 

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Glory merupakan keinginan bangsa Barat untuk mencari kejayaan, dan Gold merupakan tujuan bangsa Barat ke Indonesia untuk mencari kekayaan. Sedangkan Gospel adalah keinginan bngsa Barat untuk menyebarluaskan atau mengajarkan agama Nasrani khususnya agama Kristen ke bangsa Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

7. Politik pintu terbuka yang diterapkan pemerintah Hindia Belanda mengandung arti…

a. warga negara asing bisa menanamkan modal dan mengembangkan industri di Indonesia

b. pemerintah Hindia Belanda bisa menerima setiap ide nasionalis dari penduduk asli Indonesia

c. warga pribumi berhak mendapatkan pendidikan dan informasi yang terbuka dari pemerintah Belanda

d. setiap warga negara asing bisa datang dan tinggal di Indonesia dalam jangka waktu yang lama

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Politik Pintu Terbuka memberikan hak kepada kaum pribumi untuk memiliki dan menyewakan tanah kepada pengusaha swasta. Saat itu Indonesia juga dibuka untuk kepentingan modal asing. Modal asing terutama ditambahkan dan dikembangkan dalam sektor pertanian, karet, teh, tembakau, kopi, dan pertambangan minyak bumi.

8. Pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang dari sebelumnya menggunakan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin adalah bentuk dari…

a. Era Industri

b. Evolusi Industri

c. New Industri

d. Revolusi Industri 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Revolusi Industri merupakan pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang dari sebelumnya menggunakan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin. Hal ini mengakibatkan produksi lebih efisien, ongkos produksi dapat di tekan, serta barang dapat diproduksi dalam jumlah besar dan cepat.

9. Ekspedisi pertama Belanda ke Indonesia dipimpin oleh…

a. Jan Pieterszoon Coen

b. Jacob van Neck

c. Cornelis de Houtman

d. Pieter Both 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Cornelis de Houtman adalah bangsa Belanda yang memimpin armadanya tiba di Pelabuhan Banten pada tahun 1596. Jan Pieterszoon Coen merupakan Gubernur Jenderal VOC yang memindahkan kantor dagang VOC dari Maluku ke Jayakarta (Jakarta). Pieter Both adalah Gubernur Jenderal VOC yang pertama. Jacob van Neck adalah seorang perwira angkatan laut berkebangsaan Belanda yang memimpin ekspedisi kedua Belanda ke Indonesia dari 1598 sampai 1599.

10. Perhatikan data berikut!

1) Perjalanan diawali dari kota Libason

2) Melakukan pelayaran pertama menyusuri pantai barat Afrika

3) Dipimpin oleh Bartholomeus Diaz

Data-data di atas, menunjukan pelayaran yang dilakukan bangsa…

a. Inggris

b. Portugis

c. Belanda

d. Spanyol 

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Perjalanan bangsa Portugis dalam mencari sumber rempah-rempah diawali dari kota Libason pada tahun 1486 yang dipimpin oleh Bartolomeus Diaz. Mereka melakukan pelayaran pertama menyusuri pantai barat Afrika bermaksud ke India namun gagal.

11. Persekutuan dagang milik Inggris bernama…

a. EIC (East Indian Company)

b. EIC (Eastern Indian Company)

c. EIC (Europen Indian Company)

d. EIC (Earned Indian Company)

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

EIC singkatan dari (East Indian Company) merupakan persekutuan dagang milik Inggris, didalamnya bergabung para pengusaha Inggris. Walaupun mereka datang ke Indonesia namun tidak terlalu banyak pengaruhnya seperti halnya Belanda.

12. Pernyataan yang benar dari kedatangan bangsa Belanda ke Indoneia yaitu…

a. pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman tiba di Pelabuhan Maluku

b. pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman tiba di Pelabuhan Banten

c. pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman tiba di Pelabuhan Makassar

d. pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman tiba di Pelabuhan Malaka

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Pada tahun 1595 seorang pelaut Belanda yang bernama Cornelis de Houtman memimpin ekspedisi ke Indonesia. Mereka mengarungi ujung selatan Afrika, selanjutnya ke timur melewati Samudra Hindia. Ahirnya pada tahun 1596 armadanya tiba di Pelabuhan Banten melalui Selat Sunda.

13. Gubernur Jenderal VOC yang pertama adalah…

a. Cornelis de Houtman

b. Pieterszoon Coen

c. Antonio de Abreu

d. Pieter Both

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Pieter Both adalah Gubernur Jenderal VOC yang pertama. Antonio de Abreu adalah perwira kelautan berkebangsaan Portugal. Ia bersama Albuquerque dalam pendudukan Malaka tahun 1511 dan memimpin ekspedisi Eropa pertama menuju Timor dan Kepulauan Banda pada tahun 1512. Cornelis de Houtman adalah bangsa Belanda yang memimpin armadanya tiba di Pelabuhan Banten pada tahun 1596. Jan Pieterszoon Coen merupakan Gubernur Jenderal VOC yang memindahkan kantor dagang VOC dari Maluku ke Jayakarta (Jakarta).

14. Gubernur Jenderal yang memindahkan kantor dagang VOC dari Maluku ke

Jayakarta adalah…

a. Jan Pieterszoon Coen

b. Antonio va Diemon

c. Pieter Both

d. Fransisco Serao

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Jan Pieterszoon Coen merupakan Gubernur Jenderal VOC yang memindahkan kantor dagang VOC dari Maluku ke Jayakarta (Jakarta).

- Antonio van Diemen adalah Gubernur-Jenderal Hindia Belanda yang ke-9. Ia memerintah antara tahun 1636 – 1645.

- Pieter Both adalah Gubernur Jenderal VOC yang pertama. Fransisco Serao adalah penjelajah Portugis dan sepupu Fernão de Magalhães. Perjalanannya pada tahun 1512 merupakan penjelajahan pertama bangsa Eropa melintasi Malaka melewati Nusantara. Ia diangkat sebagai penasihat pribadi Sultan Bayanullah dari Ternate. Ia tetap di Kesultanan Ternate hingga saat kematiannya yang bertepatan tahunnya dengan kematian Fernao de Magalhaes

15. Alasan pemindahan kantor VOC ke Jayakarta karena Jayakarta…

a. pusat rempah-rempah di Indonesia

b. pusat perdagangan di Indonesia

c. lebih strategis sebagai lalu lintas perdagangan

d. memperluas pengaruh ekonomi

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Pemindahan pusat dagang dipindahkan dari Maluku ke Jayakarta (Jakarta) karena VOC memandang bahwa Jakarta lebih strategis sebagai lalu lintas perdagangan. Selain itu Belanda ingin menyingkirkan saingan mereka, yaitu Portugis di Malaka pada zaman Gubernur Jenderal VOC Jan Pieterszoon Coen. 

Untuk soal essay atau uraian bab ini silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul: Soal Essay IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia + Kunci Jawabannya.

Demikian postingan yang menyajikan contoh soal pilihan ganda atau multiple choice mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 SMP/MTs Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Silahkan baca-baca postingan yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !
close
X