Jelaskan Pengertian Westernisasi (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs)

Jelaskan pengertian westernisasi (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs). Berikut ini adalah contoh soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IX SMP/MTs yang membahas tentang TEKS. Silahkan dibaca dan dipelajari pembahasannya, semoga menambah wawasan anda.

Jelaskan Pengertian Westernisasi (Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs)

Jawaban:

Makin cepatnya arus informasi yang diperoleh di era modern menyebabkan berbagai macam pengaruh muncul dalam perubahan sosial-budaya. Arus informasi yang berkembang cukup cepat menyebabkan interaksi masyarakat dengan masyarakat lain makin intensif. Interaksi di dengan dunia luar yang tidak disaring ataupun tidak terkendali dapat memengaruhi perilaku masyarakat. Salah satunya adalah westernisasi. 

Apakah kamui pernah mendengar istilah westernisasi? Coba jelaskan apa itu westernisasi!

Jawaban:

Westernisasi adalah suatu perbuatan seseorang yang mulai kehilangan nasionalisnya yang meniru atau melakukan aktivitas kebarat-baratan. Westernisasi dilakukan di antaranya dengan cara meniru gaya hidup bangsa Barat seperti Eropa dan Amerika.

Mengapa yang ditiru adalah Eropa dan Amerika?

Bangsa Eropa dan Amerika dianggap sebagai bangsa yang modern sehingga banyak anggapan bahwa meniru mereka akan disebut modern. Padahal, kalau kita cermati, gaya hidup dan perilaku bangsa Barat belum tentu sesuai dengan budaya kita.

Westernisasi dapat dilihat dari cara berpakaian, cara mengisi waktu luang, dan sebagainya. Westernisasi tanpa disadari telah banyak dilakukan oleh masyarakat seperti gaya hidup yang bermewah-mewahan, gaya rambut kepirang-pirangan. Westernisasi dapat terjadi karena masyarakat seringkali menyalahartikan antara westernisasi dan modernisasi. Westernisasi dan modernisasi adalah dua hal yang berbeda. 

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !