Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 4 Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi (IPS Kelas IX SMP/MTs)

Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 4 Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi (IPS Kelas IX SMP/MTs). Berikut ini kami posting untuk Anda khususnya adik-adik yang sedang duduk di kelas 9 SMP dan MTs, Rangkuman mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Rangkuman IPS Kelas IX kali ini tentang Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi. Selamat membaca dan mempelajari.

Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 4 Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi (IPS Kelas IX SMP/MTs)

- Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan melalui cara diplomasi dan pertempuran. Diplomasi yang dilakukan Indonesia dengan Belanda di antaranya adalah Perundingan Linggarjati, Perundingan Renville, Perundingan Roem-Royen, dan Konferensi Meja Bundar.

- Pertempuran-pertempuran yang terjadi untuk mempetahankan kemerdekaan di antaranya adalah Pertempuran Surabaya, Pertempuran Ambarawa, Pertempuran Medan Area, Bandung Lautan Api, dan Pertempuran Margarana.

- Indonesia memperoleh kedaulatan setelah penandatanganan Konferensi Meja Bundar yang diselenggarakan di Den Haag, Belanda. Pada tanggal 27 Desember 1949 dilakukan penyerahan kedaulatan dari Belanda kepada RIS. Bentuk negara serikat yang disepakati pada Konferensi Meja Bundar ternyata tidak sesuai dengan cita-cita bangsa. Pada tanggal 19 Mei 1950 diadakan konferensi yang dihadiri oleh wakil-wakil RIS dan RI dengan keputusan inti kembali mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

- Peristiwa politik yang terjadi pada masa Demokrasi Parlementer antara lain adalah tujuh kali pergantian kabinet, penyelenggaraan Pemilu pertama, Dekrit Presiden 5 Juli 1959, penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika, dan gangguan kemanan seperti, pemberontakan DI/TII, pemberontakan APRA, pemberontakan Andi Aziz, pemberontakan RMS, dan pemberontakan PRRI/Permesta.

- Kebijakan ekonomi yang dilaksanakan pada masa Demokrasi Parlementer di antaranya adalah Gunting Syafruddin, sistem ekonomi gerakan banteng, nasionalisasi perusahaan asing, Finansial Ekonomi (Finek), dan Rencana Pembangunan Lima Tahun (RPLT). Kebijakan ekonomi yang dilaksanakan pada masa Demokrasi Terpimpin adalah Devaluasi Mata Uang Rupiah, dan mengeluarkan Deklarasi Ekonomi.

- Kebijakan ekonomi yang dilaksanakan pada masa Orde Baru meliputi program jangka pendek dan program jangka panjang. Program jangka pendek diwujudkan dengan stabilisasi dan rehabilitasi ekonomi. Adapun program jangka panjang diwujudkan dengan pembangunan jangka panjang dilakukan secara periodik lima tahunan.

- Peristiwa politik yang terjadi pada masa Rerformasi di antaranya adalah dilaksanakannya reformasi di bidang politik yang meliputi reformasi di bidang ideologi negara dan konstitusi, Pemberdayaan DPR, MPR, DPRD, Reformasi lembaga kepresidenan dan kabinet dan penghapusan Dwifungsi ABRI secara bertahap. Upaya penanggulangan krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1997 dilakukan secara bertahap dan mulai menunjukkan hasilnya beberapa tahun kemudian.

- Pada era reformasi, amanat UUD 1945 dalam bidang pendidikan mulai dilaksanakan dengan memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20%. 

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !