Cara Berjualan di Marketplace Facebook Terbaru Lengkap +Gambar

Marketplace Facebook adalah platform jual-beli online yang sangat populer dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Platform ini memungkinkan pengguna untuk menjual barang-barang bekas atau baru dengan mudah dan cepat. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang mulai beralih dari platform e-commerce tradisional ke Marketplace Facebook karena biaya yang lebih rendah dan kemudahan penggunaannya.

Berjualan di Marketplace Facebook sangat mudah dan terbuka untuk semua orang, baik untuk individu maupun bisnis kecil. Pertama-tama, pengguna perlu masuk ke akun Facebook mereka dan mengakses fitur Marketplace. Setelah itu, pengguna dapat memilih opsi "Jual" dan memilih kategori produk yang ingin dijual. Selanjutnya, pengguna perlu memasukkan detail produk seperti nama, deskripsi, foto, dan harga.

Salah satu keuntungan berjualan di Marketplace Facebook adalah adanya fitur promosi yang dapat membantu meningkatkan visibilitas produk. Pengguna dapat memilih untuk mempromosikan produk mereka di Marketplace Facebook dengan membayar biaya iklan yang terjangkau. Dengan promosi yang tepat, pengguna dapat meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis mereka. Selain itu, Marketplace Facebook juga menawarkan fitur transaksi aman dan dukungan pelanggan untuk menjaga kepercayaan pengguna dan memastikan transaksi berjalan dengan lancar.

Cara Berjualan di Marketplace Facebook

Pada tutorial ini Tanapy.com akan memaparkan langkah-langkah menjual barang melalui marketplace Facebook. Berikut adalah tutorial yang bisa Anda ikuti.

Rekomendasi artikel:

Langkah 1: Pertama-tama Anda harus menyiapkan beberapa foto atau gambar terkait barang yang ingin dijual ke marketplace Facebook. Setelah itu buka aplikasi Facebook (non-lite) kemudian klik ikon Marketplace

cara berjualan di marketplace facebook

Jika akun Anda tidak muncul ikon Marketplace, silakan buka Menu kemudian pilih Marketplace.

cara berjualan di marketplace facebook

Langkah 2: Setelah itu untuk menjual barang, Anda bisa mengklik tombol Jual lalu pilih Barang. Kemudian akan ada 2 opsi lainnya, yakni:

  1. Kendaraan
  2. Rumah atau Kontrakan

Apabila barang yang ingin Anda jual berkaitan dengan kendaraan, maka pilih kendaraan. Begitu pula sebaliknya. Jadi, jangan asal memilih jenis barang hanya karena ingin lebih cepat laku ya.

cara berjualan di marketplace facebook

Langkah 3: Selanjutnya silakan isi data-data tawaran barang yang ingin Anda jual. Pertama, klik Tambahkan Foto lalu pilih beberapa foto yang sudah disiapkan sebelumnya, usahakan memfoto bagian yang penting untuk ditunjukkan.

cara berjualan di marketplace facebook

Setelah itu tambahkan judul yang berkaitan dengan barang Anda, misalnya "Kacamata Anti Radiasi Model Kekinian". Kemudian dilanjut dengan mengisi:

  • Harga: sesuaikan dengan harga asli barang.
  • Kategori: pilih kategori yang berkaitan dengan barang Anda
  • Kondisi: pilih kondisi barang yang Anda jual, apakah baru/bekas.
  • Keterangan: masukkan keterangan seperti copywriting agar pembeli tertarik.

Langkah 4: Setelah mengisi tawaran, Anda harus mengatur lokasi. Postingan Anda akan ditampilkan sesuai lokasi yang Anda pilih. Oleh karena itu, penting untuk mengatur lokasi agar tawaran Anda tertarget.

Apabila Anda bingung menentukan lokasi, sebaiknya sesuaikan saja dengan apa yang Anda jual. Misal, jika Anda bukan dropshipper maka tentukan lokasi di area tempat Anda berjualan agar pembeli mudah menjangkaunya jika mengajak COD.

Langkah 5: Terakhir, di bagian Opsi Tawaran terdapat beberapa fitur seperti:

  • Sembunyikan dari teman: otomatis teman Anda tidak akan melihat tawaran yang Anda buat
  • Promosikan tawaran setelah diterbitkan: tawaran Anda akan dipromosikan seperti iklan yang berbayar
  • Tawarkan di lebih banyak tempat: tawaran Anda akan diposting ke grup yang Anda miliki dan ini gratis.
  • Opsi penawaran lainnya: untuk pengisian data-data tawaran yang lebih spesifik.

Semua fitur ini bersifat opsional, Anda bisa mengaktifkan bisa juga tidak. Jika semuanya dirasa sudah sesuai, klik tombol Terbitkan lalu tunggu beberapa saat hingga tawaran Anda selesai diperiksa.

cara berjualan di marketplace facebook

Nah dari beberapa fitur tersebut yang dapat meningkatkan tawaran Anda dilihat oleh banyak orang adalah fitur Tawarkan di lebih banyak tempat. Namun, perlu diingat bahwa untuk menggunakan fitur ini Anda harus terlebih dahulu bergabung ke dalam grup.

Jadi, semakin banyak Anda masuk ke dalam grup maka semakin banyak pula tawaran Anda bisa dibagikan. Akan tetapi, hal ini juga bergantung pada aturan grup terkait. Apakah bisa mempromosikan tawaran atau tidak.

Merasa terbantu dengan artikelnya? Dukung dengan cara membagikan artikel ini ke sosial media Anda melalui tombol share di bawah ini.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !