Rangkuman PPKn Kelas 11 Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa dan Bernegara

Rangkuman PPKn Kelas XI Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa dan Bernegara

a. Pada sila pertama, dapat dimaknai bagaimana negara menjamin kemerdekaan bagi warganya untuk memeluk agama yang dipercayai serta kebebasan untuk melakukan ibadah secara aman.

b. Sila kedua menjamin pemenuhan hak asasi manusia oleh negara, tetapi pada praktiknya tetap saja ditemukan pelanggarannya dalam kehidupan sehari-hari.

c. Salah satu bentuk persatuan masyarakat Indonesia adalah dengan digunakannya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan berbagai atribut pemersatu lainnya, seperti bendera merah putih dan lambang negara Garuda Pancasila.

d. Sebagai negara demokrasi, rakyat Indonesia memberikan kepercayaan kepada wakil rakyat untuk menjadi perwakilan yang membawa aspirasi rakyat.

e. Sebagai bentuk penerapan sila kelima, negara bertanggung jawab atas meratanya bantuan dan jaminan kesehatan serta fasilitas umum lainnya. 

Uji Pemahaman PPKn Kelas XI Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa dan Bernegara

Sebutkan wujud penerapan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang ada di sekitar kalian dan pelaksanaannya sudah sesuai dengan nilai instrumental dan nilai praksis.

1. Sila pertama:

2. Sila kedua:

3. Sila ketiga:

4. Sila keempat:

5. Sila kelima:

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !