Cara Membuat Cover/Sampul Buku di Aplikasi Canva

Cara membuat cover atau sampul buku di aplikasi canva

Pertama kali seseorang ingin membaca buku pasti akan cenderung melihat sampulnya terlebih dahulu. Begitu pula ketika seseorang hendak membeli sebuah buku, hal pertama yang memikat agar seseorang membeli buku salah satunya adalah sampul buku yang menarik.

Maka dari itu kebanyakan para penerbit buku akan membuat sampul yang dapat memikat mata pembacanya. Jika secara digital maka kamu bisa melihat contoh sampul-sampul yang ada pada aplikasi Wattpad yang terkenal sebagai aplikasi membaca novel.

Untuk membuat sampul atau cover buku sendiri caranya sekarang sudah sangat mudah kok. Karena sekarang sudah banyak sekali aplikasi untuk membuat cover buku seperti misal Canva, PictArt, Phonto dan aplikasi ringan lainnya. 

Cara Membuat Cover/Sampul Buku di Canva


1. Pertama buka aplikasi canva, kemudian buat desain baru dengan mengetuk tombol + di bagian bawah.

Cara membuat cover buku di canva

2. Selanjutnya buat ukuran desain sesuai ukuran sampul buku kamu atau kamu bisa memanfaat kolom pencarian lalu ketik “Sampul Buku”.

Cara membuat cover buku di canva

3. Setelah itu ketuk tombol + lalu buka menu Template. Di sini kamu bisa mencari desain sampul yang disediakan secara gratis dari canva.

Cara membuat cover buku di canva

4. Jika kamu punya desain sendiri, kamu bisa mengunggahnya melalui menu Galeri > lalu pilih Gambar yang kamu miliki.

5. Setelah selesai memilih template, kamu bisa mengedit elemennya dan sesuaikan dengan kebutuhan desain kamu. Misal di sini saya edit Teks yang sudah ada.

Cara membuat cover buku di canva

6. Kamu juga bisa menambahkan desain lainya dengan masuk ke menu Elemen lalu cari elemen yang sesuai dengan template. Misal di sini saya mencari desain Burung.

Cara membuat cover buku di canva

7. Ulangi langkah-langkah pada poin ke 5 dan 6 hingga desain kamu sudah terlihat menarik.

8. Jika sudah selesai, kamu bisa menyimpan cover buku tersebut dengan mengetuk ikon Upload di sebelah kanan atas layar.

Cara membuat cover buku di canva

9. Lalu pilih Simpan Sebagai.

Cara membuat cover buku di canva

10. Kemudian pada menu Jenis File silahkan kamu ubah menjadi PDF Standar. Lalu klik Unduh.

Cara membuat cover buku di canva

11. Selesai.

Tips Membuat Cover Buku yang Menarik


Ketika membeli sebuah buku dengan judul yang sama dengan desain yang berbeda, saya yakin pasti kamu akan cenderung memilih buku dengan desain yang lebih menarik. 

Oleh karena itu penentuan cover buku merupakan suatu hal yang penting karena akan mempengaruhi penjualan buku itu sendiri ketika bersaing di pasaran. Berikut beberapa tips membuat sampul buku yang menarik.

#1. Menentukan Nuansa


Nuansa berarti variasi atau perbedaan. Hal inilah yang membedakan cover buku dengan buku lainnya hanya dengan sekali lihat. Misal saja fokus untuk buku anak-anak, pasti sampul akan dibuat dengan tema yang serba lucu dan seterusnya. 

Jadi penentuan nuansa ini akan menentukan untuk siapa sampul buku yang kamu buat. Untuk kalangan anak-anak? Atau untuk orang yang sedang bersedih hati? Atau untuk seseorang yang mengalami permasalahan cinta dan seterusnya.

#2. Desain Sederhana / Rumit


Desain rumit tidak selalu menghasilkan sampul buku yang menarik pembaca, sebaliknya terkadang desain yang sederhana justru malah diminati oleh pembaca. Sebenarnya ini termasuk hal yang dikategorikan ‘Relatif’ menurut saya karena minat setiap orang pasti berbeda-beda.

Kamu bisa menentukan terlebih dahulu audien yang ingin kamu targetkan untuk mengetahui desain mana yang terbaik untuk digunakan. Tentu pembahasan hal tersebut akan sangat panjang, oleh karena itu sebaiknya kamu mencari referensi dari ahlinya.

#3. Penggunaan Font


Bentuk font menjadi salah satu daya tarik pembaca oleh karena itu penting juga untuk memilih jenis font yang sesuai dengan tema dan desain sampul buku. Ada banyak jenis font dan sebaiknya kamu melakukan eksperimen untuk menyesuaikan mana yang cocok untuk digunakan. 

Kamu juga bisa menggabungkan dengan efek-efek dari font itu sendiri untuk mendapatkan kesan dari judul buku. Berkreasilah!

Mungkin cukup sampai sini pembahasan tentang cara membuat cover buku di canva. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terimakasih

Artikel Canva lainnya:

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !