Cara Membuat Denah Lokasi di Canva +Gambar

Cara Membuat Denah Lokasi di Canva

Apa itu denah? Secara sederhana, denah merupakan sebuah peta yang berukuran kecil untuk menunjukkan lokasi tempat tertentu. Di dalamnya terdapat gambar-gambar pendukung seperti bangunan, arah mata angin, nama jalan dan titik lokasi yang dituju.

Biasanya kita mendapati sebuah denah di bagian belakang pada kartu undangan pernikahan teman, kerabat atau tetangga kita. Untuk membuatnya kita dapat memanfaatkan aplikasi desain seperti Canva.

Di Canva terdapat elemen yang membantu kita untuk menambahkan gambar bangunan yang secara umum ada di tempat-tempat ramai, seperti misal stadion, museum, dan hotel. Oleh karena itu tidak perlu membuat desain lagi dari awal, kita cukup tambah-tambah elemen saja.

Cara Membuat Denah Lokasi Pernikahan di Canva

Adapun langkah membuat denah lokasi di Canva, kamu dapat mengikuti panduan berikut.

#1. Menentukan Ukuran Denah

1. Jalankan aplikasi Canva di laptop atau HP kamu lalu pada kolom buat desain ketik kata kunci “Denah Pernikahan”. Kemudian pilih ukuran Denah Lokasi Pernikahan di bagian bawahnya. 

Atau jika kamu punya ukuran denah sendiri, kamu bisa memilih menu Ukuran Khusus lalu masukkan ukuran yang kamu inginkan. Disarankan membuatnya menggunakan laptop atau komputer ya, karena lebih mudah untuk dioperasikan.

Cara Membuat Denah Lokasi di Canva

#2. Membuat Garis Jalan

2. Setelah itu kamu dapat membuat denah jalannya terlebih dahulu. Caranya, buka menu Elemen lalu ketik kata kunci “Garis”. Kemudian pilih elemen garis tanpa ujung lalu buatlah jalan dengan elemen tersebut.

Nah, inilah kenapa saya merekomendasikan untuk memakai laptop karena di sini kamu harus menyatukan garis-garis tersebut sehingga membentuk sebuah denah jalan. Untuk memudahkan pembuatan denah jalan, kamu dapat membuka Google Maps lalu meniru tampilan jalan tersebut.

Cara Membuat Denah Lokasi di Canva

#3. Menambahkan Elemen Bangunan

Supaya denahnya mudah dikenali tambahkan juga nama jalan, bangunan, kompas dan rumah yang dijadikan sebagai lokasi pernikahan. 

3. Caranya, buka menu Teks lalu tambahkan teks di lokasi jalan dengan nama jalan tersebut. Kemudian ulangi pada area jalan yang lain. 

Selanjutnya tambahkan bangunan yang ada di pinggir jalan tersebut, seperti stadion, rumah sakit dan museum. Caranya, buka menu Elemen lalu ketik nama bangunan yang ada di sekitar denah tempat kamu.

Cara Membuat Denah Lokasi di Canva

#4. Menyimpan Desain Denah Pernikahan

4. Langkah terakhir yaitu menyimpan desain tersebut. Namun jangan sampai keliru ya, karena di Canva memiliki beberapa opsi ketika kita menyimpan hasil desain. 

Caranya, pilih tombol Unduh di sebelah kanan atas lalu pada opsi Jenis File ubah menjadi Cetak PDF lalu pilih tombol Unduh.

Cara Membuat Denah Lokasi di Canva

Selesai… Sekarang kamu hanya perlu mencetak desain tersebut di kertas sesuai kebutuhan. Jika ingin membuat denah pernikahan, biasanya denah tersebut di letakkan di bagian belakang kertas undangan. Jadi terlihat lebih rapi dan ringkas.

Sampai di sini dahulu pembahasan mengenai cara membuat denah lokasi di canva. Semoga bermanfaat.

Artikel Canva lainnya:

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !