Cara Membuat QR Code Sendiri di Aplikasi Canva

Cara membuat qr code di canva

Apa itu QR Code? Secara sederhana, QR Code merupakan singkatan dari Quick Response Code yang berfungsi untuk memberikan informasi terkait bisnis atau hal yang ingin kamu sampaikan.

Kenapa tidak ditulis saja kalau begitu? Terkadang tempat yang kita gunakan untuk beriklan baik melalui online maupun offline memiliki batas tempat. Sehingga tidak dapat mencangkup seluruh informasi yang kita miliki.

Oleh karena itu QR Code merupakan alternatif untuk menaruh sebuah informasi yang mana apabila seseorang menscan kode tersebut mereka akan mendapatkan informasi tambahan yang lebih lengkap.

Biasanya QR Code memiliki sebuah tautan atau link di dalamnya, sehingga kita akan diarahkan menuju tautan tersebut setelah melakukan scanning.

Cara Membuat QR Code Sendiri di Canva

Adapun langkah membuat QR Code menggunakan aplikasi Canva, kamu dapat ikuti panduan berikut:

1. Jalankan aplikasi Canva di smartphone atau laptop kamu lalu buat desain baru dengan ukuran desain 1080 x 1080 piksel. Jika kamu punya ukuran lainnya, bisa disesuaikan sesuai kebutuhan ya.

2. Setelah itu kita akan menambahkan QR Code. Bahan yang kamu perlukan adalah sebuah tautan atau link yang nantinya akan dipasang di dalam QR Code tersebut.

Pilih tombol + di sebelah bawah desain lalu geser menu ke ujung kanan. Kemudian pilih menu QR Code. Selanjutnya pada kolom URL isi dengan tautan yang ingin kamu jadikan QR Code. Jika sudah pilih tombol Buat Kode.

Secara otomatis sebuah QR Code akan ditambahkan ke halaman desain.

3. Apabila warna QR Code tidak sesuai kebutuhan, kamu dapat mengganti warna QR Code tersebut dengan warna lainnya. Caranya tekan QR Code lalu pilih menu Warna di sebelah bawah. Kemudian sesuaikan warna kode tersebut sesuai keinginan.

Terakhir sesuaikan desain supaya terlihat lebih menarik.

cara membuat qr code di canva

4. Jika semuanya sudah selesai kamu dapat menyimpan desain tersebut sebagai file PNG. Caranya pilih tombol Upload di sebelah kanan atas lalu pilih Unduh. Kemudian ubah Jenis File menjadi PNG lalu pilih tombol Unduh.

Perbedaan QR Code dengan Barcode

QR Code merupakan penerus dari Barcode atau Kode Batang. Perbedaan yang paling menonjol pada keduanya yaitu terletak pada bentuknya. 

Barcode memiliki bentuk garis - garis panjang dengan jarak dan ketebalan yang berbeda - beda. Sedangkan QR Code memiliki bentuk seperti kotak - kotak kecil dengan 3 kotak kecil di bagian ujungnya.

Sampai di sini dahulu pembahasan cara membuat QR Code di Canva. Semoga bermanfaat.

Artikel Canva lainnya:

1. Cara Membuat Karakter Avatar Sendiri Menggunakan Elemen di Canva

2. Cara Membuat Animasi Stop Motion dengan Aplikasi Canva

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !