Cara Mengubah Foto ke PDF Menggunakan WPS Office

0
Cara Mengubah Foto ke PDF Menggunakan WPS Office

Odebery.com - WPS office merupakan salah satu paket aplikasi perkantoran yang memiliki berbagai fitur menarik yang dapat digunakan oleh pengguna secara gratis. Pada sebelumnya WPS Office dikenal sebagai Kingsoft Office, namun berubah nama menjadi WPS Office seperti sekarang ini.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan Microsoft Office bukan? Dimana di dalam satu aplikasi terdapat berbagai layanan yang bisa digunakan oleh pengguna. Nah, di WPS Office pun juga mirip-mirip, aplikasi ini memiliki beberapa layanan serupa di antaranya:

  1. Writer
  2. Spreadsheet
  3. Presentation

Menariknya, di WPS Office mempunyai sebuah fitur dimana pengguna dapat membuat pdf khusus sebagai converting image to pdf. Fitur ini juga dilengkapi dengan penyesuaian dan tata letak halaman.

Pengguna dapat dengan mudah mengedit gambar seperti: menambah, memutar, mengubah serta mengurutkan gambar sesuai tata letak halaman yang digunakan. Sehingga pengguna tidak perlu mengaturnya secara manual.

Cara Mengubah Foto ke PDF Menggunakan WPS Office

Lantas bagaimana mengubah foto ke pdf di hp menggunakan wps office? Berikut caranya:

1. Langkah pertama: Jalankan aplikasi WPS Office di smartphone Anda. Jika ada pembaruan, silahkan update aplikasinya untuk mendapatkan fitur terbaru.

2. Langkah kedua: Setelah masuk halaman utama, klik tombol + di bagian bawah lalu pilih layanan PDF.

Cara Mengubah Foto ke PDF Menggunakan WPS Office

3. Langkah ketiga: Setelah itu akan muncul beberapa menu pilihan, di antara menu tersebut pilih Gambar ke PDF kemudian pilih gambar yang Anda ingin ubah menjadi PDF.

Cara Mengubah Foto ke PDF Menggunakan WPS Office

4. Langkah keempat: Apabila urutan gambar kurang tepat, Anda dapat mengubahnya melalui menu Sesuaikan kemudian seret gambar untuk mengubah urutannya. Di bagian bawah juga terdapat beberapa fitur yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan gambar.

Cara Mengubah Foto ke PDF Menggunakan WPS Office

5. Langkah kelima: Di bagian Tata Letak, Anda dapat mengubah tata letak halaman menjadi horizontal atau vertikal sehingga gambar akan menyesuaikan. Namun jika ingin natural, pilih Ukuran Asli.

Cara Mengubah Foto ke PDF Menggunakan WPS Office

6. Langkah keenam: Jika sudah selesai, klik tombol Simpan -> pilih Ruang penyimpanan -> pilih Ekspor ke PDF.

Cara Mengubah Foto ke PDF Menggunakan WPS Office

Selesai, Anda hanya perlu menunggu hingga proses converting selesai. Cepat atau lambatnya tergantung foto yang Anda tambahkan, semakin banyak foto maka prosesnya membutuhkan waktu yang lebih banyak.

Catatan: Pengguna yang belum berlangganan hanya dapat menambahkan 5 foto dalam satu kali proses. Jika membutuhkan lebih banyak gambar, disarankan untuk mengupgrade akun WPS Office ke premium.

Tips Supaya Foto Tidak Buram Setelah Diubah Menjadi PDF

Mungkin sebagian orang mengalami masalah di mana foto hasil converting image to pdf mereka justru terlihat buram atau ngeblur. Hal ini bisa saja terjadi karena foto yang digunakan pada saat itu memiliki resolusi yang rendah.

Pada saat foto mengalami proses converting, resolusi yang dimiliki foto tersebut menurun sehingga menyebabkan foto terlihat lebih buram dari sebelumnya.

1. Menggunakan Resolusi Foto yang Tinggi

Lantas apa solusi supaya foto tetap dalam keadaan jernih setelah diubah ke pdf? Solusinya yaitu Anda harus menggunakan foto yang memiliki resolusi tinggi. 

Bagi saya pribadi, resolusi foto yang jernih minimal ada di angka 1000. Oleh karena itu biasanya saya menggunakan resolusi dengan ukuran:

  • 1920 x 1080 piksel
  • 1080 x 1080 piksel

Sehingga hasilnya akan lebih jernih serta ukuran gambar pun juga lebih besar. Selain itu simpan foto dengan format PNG karena dapat memberikan kualitas terbaik untuk foto Anda.

Apakah bisa menaikkan resolusi foto yang sudah ada? Bisa, Anda dapat menggunakan aplikasi compare untuk menaikkan resolusi foto. Namun saya tidak terlalu merekomendasikan hal ini. Jika Anda bisa foto lagi dari awal, lebih bagus foto dari awal dengan menerapkan resolusi tinggi.

2. Menggunakan Ukuran Asli Foto

Di dalam tata letak halaman pada saat mengubah gambar ke pdf tadi terdapat 3 pilihan, salah satunya yaitu “setiap gambar tetap dalam ukuran asli”. 

Jika Anda memilih opsi ini, resolusi foto Anda akan dipertahankan dalam ukuran aslinya. Sehingga pada saat diubah ke pdf resolusi foto masih memiliki ukuran yang tinggi.

Artikel: Cara Mengubah Foto ke PDF Menggunakan WPS Office

Rekomendasi Artikel Lain:

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !
close