Contoh Soal Essay Biologi Bab Jamur (Fungi) dan Jawabannya (Biologi kelas X SMA/MA) Part 1

Contoh Soal Essay Biologi Bab Jamur (Fungi) dan Jawabannya (Biologi kelas X SMA/MA) Part 1. Pembaca, berikut ini kami posting untung Anda yang duduk di kelas X SMA/MA Contoh Soal Essay Biologi Bab Fungi (Jamur) yang kami rujuk dari ebook Biologi. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Contoh Soal Essay Biologi Bab Jamur (Fungi) dan Jawabannya (Biologi kelas X SMA/MA) Part 2

Contoh Soal Essay Biologi Bab Jamur (Fungi) dan Jawabannya (Biologi kelas X SMA/MA) Part 1

Contoh Soal Essay Biologi Bab Jamur (Fungi) dan Jawabannya (Biologi kelas X SMA/MA) Part 1

1. Sebutkan ciri-ciri jamur atau fungi!

Jawaban:

Ciri-ciri jamur atau fungi adalah sebagai berikut:

a. Jamur sudah mempunyai membran inti (eukariot), tetapi tidak dapat membuat makanan sendiri karena tidak mengandung klorofil. Jamur memperoleh makanan dari lingkungan di sekitarnya.

b. Jamur bersel banyak (multiseluler) terdiri atas benang-benang halus yang disebut hifa . Cabang dari hifa disebut dengan miselium yang berfungsi menyerap makanan dari substratnya. Hifa jamur ada yang bersekat dan tiap sekat mengandung satu sel, tetapi ada juga yang tidak bersekat dengan banyak inti sel.

c. Jamur ada yang bersifat saprofit dan ada yang bersifat parasit .

d. Jamur dapat berkembang secara a5ek5ual dan 5eksual. Perkembangbiakan secara as3ksual dilakukan oleh jamur yang bersel tunggal (uniseluler), yaitu dengan pertunasan dan pemutusan hifa (fragmentasi). Perkembangbiakan secara sek5ual dilakukan dengan membentuk askus spora.

e. Dalam klasifikasi lima kingdom, jamur dapat dibedakan menjadi divisi Zygomycota , Ascomycota , Basidiomycota , dan Deuteromycota , sedangkan divisi Myxomycota dan Oomycota termasuk dalam kingdom Protista .

2. Jelaskan cara jamur berkembang biak!

Jawaban:

Jamur dapat berkembang biak dengan cara as3ksual dan 5eksual.

Perkembangan secara as3ksual dilakukan dengan pembelahan sel (fragmentasi) dan pembentukan spora. Pembentukan spora berfungsi untuk menyebarkan spesies dalam jumlah besar. Spora jamur dibedakan menjadi dua, yaitu spora as3ksual dan spora s3ksual. Spora a5eksual membelah secara mitosis dan spora s3ksual membelah secara meiosis. Contoh spora a5eksual adalah zoospora, endospora, dan konidia.

Perkembangbiakan secara s3ksual dilakukan dengan peleburan dua sel inti yaitu melalui kontak gametangium dan konjugasi. Kontak gametangium menyebabkan terjadinya Singami , yaitu penyatuan sel dari dua individu.

3. Singami terjadi dalam tiga tahap. Sebutkan dan jelaskan!

Jawaban:

Singami terjadi dalam tiga tahap, yaitu plasmogami, kariogami , dan meiosis. Pada tahap plasmogami, terjadi penyatuan dua protoplas membentuk sel yang mengandung dua inti yang tidak menyatukan diri selama pembelahan sel (stadium dikariot). Pada saat bersamaan, terjadi pula pembelahan inti bersama. Setelah pembentukan benda buah, terjadilah peleburan sel haploid (kariogami) inti zigot yang diploid. Setelah ini, baru terjadi meiosis, yaitu pembelahan sel dan pengurangan jumlah kromosom menjadi haploid kembali. 

4. Sebutkan dan jelaskan beberapa tipe spora s3ksual!

Jawaban:

Beberapa tipe spora s3ksual adalah askospora, basidiospora, zigospora, dan oospora. Perkawinan jamur Ascomycota menghasilkan askospora. Basidiospora adalah spora yang dihasilkan oleh jamur Basidiomycota . Askospora terdapat di dalam askus dan berjumlah 8 spora, sedangkan basidiospora terdapat di dalam basidium dan berjumlah 4 spora.

5. Dalam klasifikasi lima kingdom, jamur dapat dibedakan menjadi beberapa divisi. Sebutkan!

Jawaban:

Dalam klasifikasi lima kingdom, jamur dapat dibedakan menjadi divisi Zygomycota , Ascomycota , Basidiomycota , dan Deuteromycota . Myxomycota dan Oomycota termasuk dalam kingdom Protista

6. Apa yang kamu ketahui tentang Zygomycota!

Jawaban:

Nama Zygomycota berasal dari jenis perbanyakan diri seksual, terutama pada pembentukan zigospora. Zigospora terjadi karena peleburan dua gametangium yang menghubungkan kedua hifa induk seperti jembatan penghubung

7. Sebutkan ciri-ciri jamur yang termasuk dalam divisi Zygomycota!

Jawaban:

Ciri-ciri jamur yang termasuk dalam divisi Zygomycota adalah:

a. biasa hidup sebagai saprofit;

b. miselium bercabang banyak dan hifa tidak bersekat sehingga terlihat seperti pipa atau buluh;

c. dinding sel terdiri atas kitin, tidak memiliki zoospora sehingga sporanya merupakan sel-sel yang berdinding. Spora inilah yang tersebar ke mana-mana; 

d. perkembangbiakan secara a5eksual dilakukan dengan spora yang berasal dari sporangium yang telah pecah. Beberapa hifa akan tumbuh dan ujungnya membentuk sporangium . Sporangium berisi spora. Spora yang terhambur inilah yang akan tumbuh menjadi miselium baru;

e. perkembangbiakan secara s3ksual dilakukan dengan peleburan dua hifa, yaitu hifa betina dan hifa jantan. Hifa jantan adalah hifa yang memberikan isi selnya. Hifa betina adalah hifa yang menerima isi selnya. Perkembangbiakan ini dilakukan dengan gametangium yang sama bentuknya (hifa jantan dan hifa betina) yang mengandung banyak inti. Selanjutnya, gametangium mengadakan kopulasi. 

8. Sebutkan dan jelaskan contoh jamur yang termasuk dalam divisi Zygomycota!

Jawaban:

Beberapa contoh jamur yang termasuk dalam divisi Zygomycota adalah sebagai berikut:

a. Murcor mucedo, hidup sebagai saprofit pada sisa tumbuhan dan hewan, misalnya, kotoran hewan dan roti busuk. Dari miselium pada subtratnya muncul benang-benang tegak dengan sporangium pada ujungnya. Sporangium ini berisi spora. Jika sporangium sudah matang, akan pecah sehingga spora akan tersebar keluar. Spora akan tumbuh menjadi miselium baru. Perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan gametangium.

b. Murcor javanicus, berperan dalam pembuatan tapai karena jamur ini terdapat dalam ragi tapai. Jamur ini termasuk makhluk hidup yang mempunyai daya untuk mengubah tepung menjadi gula.

c. Rhizopus sp .,yang terdapat pada ragi tempe ini mempunyai daya untuk memecah putih telur dan lemak. Oleh karena itu, ia berperan dalam pembuatan tempe dan oncom putih. Jamur tempe mempunyai hifa yang berguna untuk menyerap makanan dari kacang kedelai. Dalam waktu dua sampai tiga hari, kumpulan hifa tersebut akan membungkus kedelai yang kemudian disebut tempe. Selain pada tempe, jamur ini juga dapat tumbuh di tempat-tempat yang lembap.

9. Apa itu Ascomycota?

Jawaban:

Ascomycota adalah kelompok jamur yang berkembang biak dengan membentuk spora di dalam selnya (kantung kecil) yang disebut askus 

10. Jelaskan cara berkembang biak jamur kelompok Ascomycota!

Jawaban:

Ascomycota adalah kelompok jamur yang berkembang biak dengan membentuk spora di dalam selnya (kantung kecil) yang disebut askus . Pembentukan askus inilah yang menjadi ciri Ascomycota.

- Perkembangbiakan secara s3ksual pada Ascomycota dilakukan dengan pembentukan askospora melalui beberapa tahap, yaitu:

a. perkawinan (kopulasi) antara gametangium jantan dan gametangium betina, 

b. bersatunya plasma kedua gametangium yang disebut dengan plasmolisis, 

c. bersatunya inti yang berasal dari gametangium yang disebut dengan kariogami, dan 

d. kariogami yang menyebabkan terjadinya pembelahan reduksi, dilanjutkan dengan pembentukan askospora secara endogen menurut pembentukan sel bebas.

- Perkembangbiakan secara as3ksual dapat dilakukan dengan pembentukan konidium, fragmentasi, dan pertunasan.

Kelompok jamur ini dapat ditemui di permukaan roti, nasi, dan makanan yang sudah basi. Warnanya merah, cokelat, atau hijau. 

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !
close
X