Jelaskan Pengertian Bioteknologi Serta Sebutkan Objek Kajian dan Aplikasi Bioteknologi! (Biologi Kelas 12 SMA/MA Bab Bioteknologi)

Pembaca, berikut ini kami sajikan contoh soal mata pelajaran Biologi Kelas 12 SMA/MA program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan pembahasannya. Kali ini kita akan membahas tentang pengertian bioteknologi serta objek kajian dan aplikasi bioteknologi.

Jelaskan Pengertian Bioteknologi Serta Sebutkan Objek Kajian dan Aplikasi Bioteknologi!

Jelaskan Pengertian Bioteknologi Serta Sebutkan Objek Kajian dan Aplikasi Bioteknologi!

Jawaban/Pembahasan:

Bioteknologi berasal dari istilah Latin, yaitu Bio (hidup), teknos (teknologi = penerapan), dan logos (ilmu). Artinya, ilmu yang mempelajari penerapan prinsip-prinsip biologi.

Secara lengkap, bioteknologi diartikan sebagai cabang biologi yang mempelajari penggunaan organisme dengan bantuan teknologi untuk penyediaan barang dan pelayanan bagi kepentingan manusia.

Objek kajian dan aplikasi bioteknologi mulai dari produksi makanan yang difermentasi, bahan kimia berupa antibiotika, enzim, etanol, asam cuka, asam sitrat, hingga produksi energi seperti biogas, fiksasi nitrogen, dan penemuan minyak. Saat ini, aplikasi bioteknologi tidak hanya pada mikroorganisme saja, namun pada tumbuhan dan hewan.

Demikian postingan yang menyajikan contoh soal Biologi kelas 12 lengkap dengan jawaban atau pembahasannya tentang pengertian bioteknologi dan objek kajian dan aplikasi bioteknologi.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !