Sebutkan Ilmu-Ilmu yang Digunakan dalam Bioteknologi dan Jelaskan Pengertiannya Masing-masing!

Pembaca dimanapun berada. Kali ini akan membahas soal Biologi Kelas 12 Bab Bioteknologi berkaitan dengan ilmu-ilmu yang digunakan dalam bioteknologi dan pengertiannya masing-masing. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Sebutkan Ilmu-Ilmu yang Digunakan dalam Bioteknologi dan Jelaskan Pengertiannya Masing-masing!

Sebutkan Ilmu-Ilmu yang Digunakan dalam Bioteknologi dan Jelaskan Pengertiannya Masing-masing!

Jawaban/Pembahasan:

Berikut ini adalah ilmu-ilmu yang digunakan dalam bioteknologi:

1. Mikrobiologi

Mikrobiologi merupakan cabang biologi yang mempelajari tentang mikroba atau jasad renik. Pengetahuan sifat-sifat dan struktur mikroba mendukung kemajuan bioteknologi. Salah satunya dengan mengetahui suhu yang sesuai untuk bakteri. Sehingga, bakteri dapat digolongkan sebagai:

- psikrofil: tumbuh pada suhu 0° C - 30° C, 

- mesofil: tumbuh pada suhu 25° C - 40° C,  

- termofil: tumbuh pada suhu 50° C atau lebih. 

Pengetahuan tentang suhu optimal bakteri sangat penting untuk pembuatan suatu produk, seperti pembuatan yoghurt. Yoghurt merupakan susu yang difermentasi dengan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus, pada suhu 40° C selama 2,5 jam - 3,5 jam.

2. Biologi sel

Biologi sel merupakan cabang biologi yang mempelajari sel. Pengetahuan mengenai sifat-sifat dan struktur sel mendukung aplikasi bioteknologi. Misalnya, pengetahuan mengenai totipotensi pada sel-sel tanaman bermanfaat untuk kultur jaringan. Totipotensi merupakan kemampuan sel-sel tanaman muda dan hidup yang dapat berproliferasi dan berdiferensiasi menjadi tanaman baru.

3. Genetika

Genetika merupakan cabang biologi yang mempelajari pewarisan sifat-sifat genetik makhluk hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pengetahuan mengenai bentuk dan karakteristik DNA (gen) membantu percepatan kemajuan bioteknologi. Penemuan tomat yang tidak mudah rusak atau busuk, insulin manusia yang disintesis dari bakteri Escherichiacoli merupakan penerapan ilmu genetika dalam bioteknologi.

4. Biokimia

Biokimia merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari makhluk hidup dari aspek kimianya. Biokimia menganggap hidup adalah suatu proses kimia, proses-proses hidup diselenggarakan atas dasar reaksi dan peristiwa kimia. Dengan biokimia, ahli bioteknologi memperlakukan makhluk hidup sebagai bahan kimia yang dapat dipadukan dan direkayasa.

Selain Mikrobiologi, Biologi Sel, dan Biokimia, ilmu lain yang juga digunakan dalam Bioteknologi, yaitu Virologi (ilmu mengenai virus), Teknologi Pangan, Biologi Pertanian, Biologi Kedokteran, dan Biologi Kehutanan.

Demikian postingan yang menyajikan contoh soal Biologi kelas 12 lengkap dengan jawaban atau pembahasannya tentang Ilmu-ilmu yang digunakan dalam bioteknologi.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !