Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 4 Pembelahan Sel

Berikut rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi Kelas 12. Kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 4 yang membahas tentang Pembelahan Sel.

Biologi kelas XII Bab Pembelahan Sel, terdiri dari dua kegiatan pembelajaran. Materi pokok yang dibahas dalam Bab Pembelahan Sel ini terdiri dari:

  1. Pertama: Pembelahan Sel (Amitosis, Mitosis dan Meiosis)
  2. Kedua: Gametogenesis

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi dengan meng-klik tombol share pada postingan ini. Terimakasih.

Rangkuman Biologi Kelas XII Bab 4 Pembelahan Sel

1. Pada organisme bersel satu, pembelahan sel merupakan cara perkembangbiakan. Sedangkan pada organisme multiseluler pembelahan merupakan cara untuk pertumbuhan.

2. Ada dua cara pembelahan sel yaitu mitosis dan meiosis. Persamaan keduanya adalah pada tahapan-tahapan atau fase pembelahan, sedangkan perbedaannya dalam hal tujuan dan hasilnya.

3. Mitosis bertujuan untuk memperbanyak jumlah sel, berhubungan dengan pertumbuhan dan perbaikan sel-sel rusak, terjadi pada sel somatis. Hasil satu kali mitosis dari satu sel induk menghasilkan dua sel anakan yang memiliki ciri yang sama dengan induknya.

4. Meiosis bertujuan untuk mengurangi jumlah kromosom sel induk. Meiosis terjadi pada pembentukan sel kkellamin

5. Tahapan mitosis : profase, metafase, anafase dan telofase.

6. Tahapan meiosis terdiri dari dua kali pembelahan yaitu meiosis I dan meiosis II.

7. Gametogenesis adalah proses pembentukan gamet yang mencakup peristiwa pembelahan meiosis I dan meiosis II, diikuti dengan pemasakan sel haploid menjadi sel gamet.

8. Gametogenesis pada hewan jantan disebut dengan $permatogenesis. $permatogenesis menghasilkan empat $perma yang haploid. Gametogenesis pada hewan betina disebut oogenesis. Oogenesis menghasilkan satu 0vum yang bersifat haploid dan fertil serta tiga badan kutub polar yang steril. 

9. Gametogenesis pada tumbuhan tingkat tinggi terbagi menjadi mikrosporogenesis untuk tumbuhan jantan dan megasporogenesis pada tumbuhan betina. Mikrosporogenesis menghasilkan empat mikrospora yang haploid yang selanjutnya 2 mikrospora berfusi menjadi intivegetatif dan 2 mikrospora menjadi inti generatif 1 dan inti generatif 2. Megasporogenesis menghasilkan delapan megaspora yang haploid yang selanjutnya menjadi 3 inti antipoda, 2 inti melebur menjadi inti kandung lembaga sekunder, dan 2 inti sinergida, dan 1 inti 0vum.

Demikian postingan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 12 Bab 4 yang membahas tentang Pembelahan Sel. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan yang lainnya

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !
close
X