Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 5 Pewarisan Sifat Makhluk Hidup

Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 5 Pewarisan Sifat Makhluk Hidup. Kali ini Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 5 yang membahas tentang Pewarisan Sifat Makhluk Hidup.

Biologi kelas XII Bab Pewarisan Sifat Makhluk Hidup sebagaimana pada postingan Contoh Soal Bab Pewarisan Sifat Makhluk Hidup ini terdiri dari dua kegiatan pembelajaran. Materi pokok yang dibahas dalam Bab Pewarisan Sifat Makhluk Hidup ini terdiri dari:

  1. Pertama: Prinsip Pewarisan Sifat Makhluk Hidup Berdasarkan Hukum Mendel
  2. Kedua: Penerapan Hukum Mendel di Bidang Pertanian dan Peternakan

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi dengan meng-klik tombol share pada postingan ini. Terimakasih.

Rangkuman Biologi Kelas XII Bab 5 Pewarisan Sifat Makhluk Hidup

1. Orang pertama yang meneliti tentang penurunan sifat yaitu Gregor Johan Mendel. Mendel adalah tokoh genetika yang diakui sebagai penemu hukumhukum hereditas atau pewarisan sifat menurun.

2. Gregor Johan Mendel telah melakukan eksperimen dengan membastarkan tanaman-tanaman yang memiliki sifat beda. Tanaman yang dipilih adalah tanaman kacang ercis (Pisum sativum), karena memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut :

a. mudah melakukan penyerbukan silang

b. mudah didapat

c. mudah hidup dan dipelihara

d. cepat berbuah atau berumur pendek

e. terdapat jenis-jenis dengan sifat beda yang menyolok

3. Persilangan Monohibrid atau monohibridisasi adalah suatu persilangan/pembastaran dengan satu sifat beda.

4. Persilangan Intermediet, merupakan Jika sifat gen dominant tidak penuh (intermediet), maka fenotif individu F1 tidak seperti salah satu fenotif induk galur murni, melainkan mempunyai sifat fenotif diantara kedua induknya.

5. Dihibrida atau dihibridisasi ialah suatu persilangan (pembastaran) dengan dua sifat beda.

6. Dihibridisasi intermediet (dominansi tidak penuh) merupakan perbandingan fenotif tidak sama dengan salah satu induknya melainkan mempunyai sifat di antara kedua gen dominant dan gen resesif.

7. Dalam pemuliaan tanaman dan hewan diperlukan faktor-faktor berikut ini, yaitu:

a. Adanya keragaman genetik.

b. Sistem-sistem logis dalam pemindahan fiksasi gen.

c. Konsepsi dan tujuan yang jelas.

d. Mekanisme penyebarluasan kepada masyarakat.

8. Perbaikan mutu genetik pada tanaman dan hewan dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:

a. Seleksi

b. Penyilangan/hibridisasi

c. Mutasi buatan

9. Teknik untuk memperbaiki keturunan pada ternak dapat dilakukan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, dapat dilakukan dengan cara purebreeding, outcrossing, crossbreeding, upbreeding.

Demikian postingan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 12 Bab 5 yang membahas tentang Pewarisan Sifat Makhluk Hidup lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan yang lainnya.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !