Rangkuman Biologi Kelas XI Bab Sistem Pencernaan Makanan (Biologi Kelas 11 SMA/MA)

Rangkuman Biologi Kelas XI Bab Sistem Pencernaan Makanan (Biologi Kelas 11 SMA/MA). Pembaca, berikut ini kami sajikan untuk Anda rangkuman mata pelajaran Biologi kelas XI SMA dan MA. Kali ini kami sajikan rangkuman Biologi kelas 11 Bab tentang Sistem Pencernaan Makanan.

Semoga dengan rangkuman mapel Biologi ini membantu memudahkan dan menguatkan ingatan serta dapat merefresh kembali materi-materi yang sudah terlewatkan atau bahkan terlupakan. Selamat membaca dan mempelajarinya.

Rangkuman Biologi Kelas XI Bab Sistem Pencernaan Makanan (Biologi Kelas 11 SMAMA)

Rangkuman Biologi Kelas XI Bab Sistem Pencernaan Makanan (Biologi Kelas 11 SMA/MA)

1. Sistem pencernaan manusia dimula dari mulut menuju kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan berakhir di anus.

2. Alat pencernaan di mulut yaitu gigi (seri, taring, dan geraham) lidah, dan kelenjar ludah.

3. Di dalam lambung terjadi pencernaan secara kimiawi karena lambung menghasilkan getah lambung yang bersifat asam (HCl) dan enzim renin, pepsinogen, dan lipase.

4. Usus halus mengandung jonjot-jonjot usus untuk menyerap makanan.

5. Pencernaan secara kimiawi di usus halus dibantu oleh cairan empedu, getah pankreas, dan getah usus.

6. Sistem pencernaan hewan Ruminansia berbeda dengan mamalia lainnya. Gigi seri memiliki bentuk yang sesuai untuk menjepit makanan, gigi taring tidak berkembang, gigi geraham belakang datar dan lebar. Terdapat dua fase dalam mengunyah makanan.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !