Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 1 Dinamika Lima Benua

Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 1 Dinamika Lima Benua. Pembaca, berikut ini kami sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX Bab 1 yang membahas tentang Dinamika Lima Benua.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 Bab 1 membahas empat pembelajaran, yaitu:

  1. Pembelajaran 1 Letak dan Luas Lima Benua
  2. Pembelajaran 2 Kondisi Alam Negara-negara di Dunia
  3. Pembelajaran 3 Dinamika Penduduk Benua-benua di Dunia
  4. Pembelajaran 4 Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang di Benua Asia dan Benua Lainnya

Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 1 Dinamika Lima Benua 

Rangkuman 1 Letak dan Luas Lima Benua

1. Terdapat lima benua di bumi ini, yaitu Benua Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia. Setiap benua memiliki karakteristik yang berbeda-beda. 

2. Letak astronomis maupun geografis Benua Asia dan benua lainnya berpengaruh terhadap iklim di benua-benua tersebut, sebagai contoh Benua Asia memiliki letak astronomis pada 11⁰ 16’LS – 77⁰ LU dan 25⁰ BT – 170⁰ BT, Benua Asia memiliki iklim tropis, tropis, sedang dan dingin. Letak geografis Benua Asia terhadap iklim di Asia, yaitu iklim laut, iklim kontinental, dan iklim gurun. 

3. Berdasarkan luasnya, Benua terluas adalah Benua Asia, dengan luas kurang lebih 44.000.000 km² dan benua terkecil adalah Benua Australia, dengan luas 7.682.300 km²

4. Setiap benua dibagi dalam beberapa kawasan dan setiap kawasan terdiri dari beberapa negara, baik benua Asia, Amerika, Afrika, dan Eropa. Namun ada satu benua yang hanya terdiri dari satu negara, yaitu Benua Australia

Rangkuman 2 Kondisi Alam Negara-negara di Dunia

1. Letak wilayah negara Jepang, Amerika serikat, Inggris, Australia, dan Mesir beragam, ditinjau dari letak astronomis, geografis, maupun geologisnya. Ditinjau dari letak astronomisnya negara-negara tersebut tersebar dari lintang 0⁰ sampai 80⁰ dari khatulistiwa sampai kutub utara, dari bujur barat sampai bujur timur. Secara geografis hampir sama yaitu terletak diantara samodera dan benua. 

2. Letak astronomis di negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir berpengaruh terhadap iklim di negara-negara tersebut. Setiap negara tentu saja memiliki iklim yang bereda-beda dikarenakan adanya perbedaan posisi wilayah tersebut terhadap lintang. 

3. Kondisi alam negara-negara di dunia pada dasarnya diwarnai dengan adanya deretan pegunungan dan gunung, dataran rendah dan dataran tinggi. Di beberapa tempat karena pengaruh bentang alam juga memeiliki gurun pasir, seperti negara Australia dan negara Mesir. 

4. Perekonomian di negara-negara di dunia juga dipengaruhi oleh bentang alamnya. Sebagai contoh negara Australia yang mayoritas merupakan daerah gurun pasir dan padang rumput maka kehidupan ekonomi utama negara tersebut adalah peternakan dan industri yang mengolah hasil peternakan seberti industri susu, keju, dan wool.

Rangkuman 3 Dinamika Penduduk Benua-benua di Dunia

1. Persebaran penduduk dunia tidak merata. Sebagian besar penduduk dunia tinggal di Benua Asia, yaitu sekitar 4,5 milyar sendiri dari 7,7 milyar penduduk dunia. Hal ini berarti bahwa lebih dari separoh penduduk dunia tinggal di Benua Asia. 

2. Persebaran penduduk di setiap benua juga tidak merata. Penduduk pada umumnya memilih kota-kota sebagai tempat tinggal. Hal ini didukung oleh faktor fasilitas hidup yang lengkap di kota, banyak tersedia lapangan kerja, dan kota merupakan pusat perekonomian dan pemerintahan 

3. Kualitas penduduk suatu daerah ditentukan oleh pendapatan, pendidikan, dan kesehatan. Setiap benua juga memiliki kualitas yang berbeda-beda. Kualitas yang tinggi biasanya ditemukan di negara-negara maju, seperti negara-negara di benua eropa, Benua Australia, dan Benua Amerika bagian utara.

4. Setiap Benua dihuni oleh etnis yang berbeda-beda pula. Pada dasarnya penduduk yang mendiami Benua maupun negara dikategorikan menjadi 3 kelompok yaitu penduduk asli, penduduk pendatang, maupun penduduk lainnya. Baik penduduk asli, pendatang, maupun lainnya pada umumnya terdiri dari beragam etnis. Etnis biasa juga disebut dengan etnik, atau suku bangsa, yaitu suatu golongan manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama.

Rangkuman 4 Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang di Benua Asia dan Benua Lainnya

1. Interaksi keruangan adalah konsep yang memberikan gambaran mengenai adanya kondisi saling mempengaruhi dan ketergantungan antarkomponen ruang muka bumi, baik antara faktor alami, faktor alam dengan manusia, alam dengan kondisi sosial budaya, maupun antar faktor sosial.

2. Pengaruh perubahan keruangan dan interaksi keruangan di Benua Asia dan benua lainnya pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu pengaruh interaksi keruangan desa-kota dan pengaruh interaksi keruangan antar negara

3. Pengaruh interaksi keruangan desa-kota terjadi karena adanya alih fungsi lahan yang terjadi di seluruh benua di bumi ini, baik Benua Asia, Australia, Amerika, Afrika, dan Eropa. Alih fungsi lahan tersebut berupa pengalihan lahan pertanan menjadi perkotaan. Interaksi keruangan antar negara membawa pengaruh baik positif maupun negatif bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !
close