Soal Pilihan Ganda dan Essay Biologi Kelas 12 Bab 9 Evolusi

Soal Pilihan Ganda dan Essay Biologi Kelas 12 Bab 9 Evolusi - Berikut contoh soal lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Kali ini contoh soal pilihan ganda atau multiple choice dan essay atau uraian mata pelajaran Biologi Kelas 12. Lebih spesifik lagi, Soal-soal Pilihan Ganda dan Essay Biologi Kelas 12 Bab 9 yang membahas tentang Evolusi.

Biologi kelas XII Bab Evolusi terdiri dari dua kegiatan pembelajaran. Materi pokok yang dibahas dalam Bab Evolusi ini terdiri dari:

1. Asal usul kehidupan’

a. Teori abiogenesis

b. Teori Biogenesis

c. Teori evolusi kimia

d. Teori evolusi darwin dan Lamarck

2. Petunjuk dan mekanisme evolusi

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi dengan meng-klik tombol share pada postingan ini. Terimakasih.

Soal Pilihan Ganda dan Essay Biologi Kelas XII Bab 9 Evolusi

A. Soal Pilihan Ganda Biologi Kelas 12 Bab 9 Evolusi

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar!

1. Pernyataan ini yang merupakan definisi dari evolusi yaitu….

A. Evolusi adalah pewarisan sifat organisme yang berubah dari generasi ke generasi berikutnya dalam jangka waktu jutaan tahun.

B. Evolusi adalah proses adaptasi terhadap lingkungan

C. Evolusi adalah variasi dalam keturunan

D. Evolusi adalah perubahan perubahan organisme akibat suatu genetika dalam jangka waktu yang pendek.

E. Evolusi adalah peroses seleksi alam

Jawaban: A

Pembahasan:

Evolusi adalah pewarisan sifat organisme yang berubah dari generasi ke generasi berikutnya dalam jangka waktu jutaan tahun

2. Adanya mikroorganisme pada rendaman jerami yang teramati dengan mikroskop buatan Antonie Van Leeuwenhoek pada akhir abad ke XIV ditafsirkan sebagai gejala….

A. Biogenesis

B. Metagenesis

C. Biosintesis

D. Antibiosis

E. Abiogenesis

Jawaban: E

Pembahasan:

AnAbiogenesis antonie van Leeuwenhoek, dengan pendapatnya bahwa mikroorganisme (benda hidup) berasal dari air (benda mati).

Percobaannya: pada abad ke-17 dengan penemuannya terhadap mikroskop, ia melihat adanya mikroorganisme (makhluk hidup sangat kecil) dalam sampel air hujan dan air rendaman jerami

3. Teori abiogenesis runtuh karena percobaan yang dilakukan oleh ....

A. Aristoteles

B. Alexander Oparin

C. Harold Urey

D. Anthonie van Leeuwenhoek

E. Louis Pasteur

Jawaban: E

Pembahasan:

Leuis Pasteur Dari percobaan ini timbullah anggapan bahwa: Omne Vivum ex Ovo Omne Ovum ex Vivo yang berarti kehidupan berasal dari telur, dan telur berasal dari makhluk hidup

4. Francesko Redi mengemukakan dari hasil penelitiannya bahwa mahluk hidup berasal dari....

A. Mahluk hidup

B. Benda mati

C. Zat kimia

D. Ledakan materi angkasa

E. Nenek moyang

Jawaban: A

Pembahasan:

percobaannya tentang munculnya ulat yang dapat muncul dalam daging yang disimpan dalam stoples terbuka tetapi tidak muncul dalam stoples tertutup. Larva (suatu kehidupan) bukan berasal dari daging (benda mati) tetapi berasal dari telur lalat yang masuk dan bertelur pada daging

5. Louis Pasteur melakukan percobaan menggunakan labu leher angsa untuk mengetahui asal-usul kehidupan. Fungsi pipa leher angsa pada tabung tersebut adalah ....

A. Mencegah hubungan dengan udara luar

B. Membiarkan mikroorganisme dan udara keluar masuk

C. Mencegah masuknya udara luar dan membiarkan mikrooerganisme masuk

D. Menghalangi mIkroorganisme masuk dan membiarkan udara keluar masuk

E. Menghambat pernapasan mikroorganisme dalam kaldu dengan udara luar

Jawaban: C

Pembahasan:

Kondisi tersebut memungkinkan zat hidup tetap dapat masuk, namun kondisi kaldu tetap jernih (bening) dan steril. Dari percobaan ini timbullah anggapan bahwa: Omne Vivum ex Ovo Omne Ovum ex Vivo yang berarti kehidupan berasal dari telur, dan telur berasal dari makhluk hidup.

B. Soal Essay Biologi Kelas 12 Bab 9 Evolusi

Jawablah soal-soal berikut ini!

1. Salah satu petunjuk evolusi adalah homologi organ tubuh. Jelaskan yang dimaksud dengan Homolog!

Jawaban:

Organ homolog adalah organ-organ yang memiliki struktur asal sama, tetapi fungsinya, berbeda. Tangan manusia homolog dengan kaki depan kadal, sayap burung, sayap, kelelawar, maupun sirip lumba-lumba. Akan tetapi, tangan manusia tidak homolog, dengan sayap kupu-kupu karena keduanya tidak memiliki struktur asal yang sama.

2. Bagaimana teori Darwin dan Lamarck menjelaskan fenomena jerapah berleher panjang!

Jawaban:

Menurut teori Darwin, panjangnya leher jerapah merupakan salah satu contoh seleksi alam. Jerapah memiliki leher yang bervariasi, ada yang panjang dan ada yang pendek. Jerapah berleher panjang mampu meraih daun-daun yang ada di pucuk pohon sebagai makanannnya, sedangkan jerapah berleher pendek tidak. 

Akibatnya, jerapah berleher pendek tidak mampu bertahan hidup dan jumlahnya terus berkurang sehingga yang tersisa adalah jerapah berleher panjang. Menurut teori Lamarck, dahulu semua jerapah berleher pendek. Namun, akibat tertarik selama bertahun-tahun untuk meraih daun-daun di pucuk pohon, leher jerapah menjadi panjang. Selanjutnya, leher panjang itu diwariskan kepada keturunannya

3. Sebutkan akibat dari terjadinya seleksi alam!

Jawaban:

Organisme yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru akan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, Organisme yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru akan mati atau pindah ke daerah lain yang tidak mengalami perubahan lingkungan.

4. Sebutkan kelemahan teori evolusi Darwin menurut August Weismann!

Jawaban:

Weismann berpendapat bahwa sifat leher panjang dan leher pendek pada jerapah dikendalikan oleh gen. Gen untuk leher panjang bersifat dominan, sedangkan gen untuk leher pendek bersifat resesif. Oleh karena itu, jerapah berleher panjang merupakan keturunan yang bersifat homozigot dominan atau heterozigot. Sebaliknya, jerapah berleher pendek merupakan keturunan yang bersifat homozigot resesif. Jerapah berleher pendek yang homozigot resesit tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya sehingga akhirnya punah. Weismann berpendapat bahwa evolusi berkaitan dengan gejala seleksi alam terhadap faktor-faktor genetik.

Demikian postingan Contoh Soal Pilihan Ganda atau Multiple Choice dan soal Essay atau Uraian mata pelajaran Biologi kelas 12 Bab 9 yang membahas tentang Evolusi lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan yang lainnya.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !