Soal IPS Kelas 8 Bab 2 Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN

Soal IPS Kelas 8 Bab 2 Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN - berikut ini sajian soal IPS Kelas 8 semester 1 (semester ganjil/gasal) lengkap dengan Kunci Jawabannya. Kali ini sajikan soal-soal essay IPS Kelas 8 Bab 2 yang membahas tentang Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

IPS Kelas 8 Bab 2 Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN meliputi beberapa pembahasan. Yang diharapkan setelah mempelajari Bab 2 ini, maka pembaca khususnya adik-adik kelas 8 SMP/MTs dapat:

  • Menganalisis pengertian, faktor pendorong, dan penghambat kerja sama antar negara anggota ASEAN dengan benar.
  • Membuat poster/essai kegiatan yang dapat meningkatkan kerja sama antarnegara-negara ASEAN dengan semangat
  • Menganalisis bentuk-bentuk kerja sama ASEAN dalam tabel dengan benar.
  • Membuat poster/gagasan cerita dalam bentuk tulisan tentang kegiatan yang dapat meningkatkan kerja sama antarnegara-negara ASEAN dengan baik dan menarik. 
  • Mengidentifikasi pengaruh kerja sama bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, dan pendidikan terhadap kehidupan di ASEAN dengan benar.
  • Menyajikan hasil identifikasi tentang pengaruh kerja sama bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, dan pendidikan terhadap kehidupan di ASEAN dalam bentuk poster.
  • Mengidentifikasi upaya-upaya meningkatkan kerja sama di antara negaranegara ASEAN dengan benar.
  • Menyajikan hasil identifikasi upaya-upaya meningkatkan kerja sama di antara negara-negara ASEAN dalam bentuk poster.

Soal IPS Kelas VIII Bab 2 Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Apa yang disebut dengan kerja sama antarnegara ASEAN?

Jawaban:

Kerja sama antarnegara ialah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa negara anggotanya (anggota ASEAN) untuk mencapai tujuan bersama

2. Hal-hal apa saja yang menjadi faktor pendorong terbentuknya kerja sama antar negara?

Jawaban:

Faktor pendorong terbentuknya kerja sama antarnegara yaitu kesamaan ataupun perbedaan perbedaan potensi alam yang dimiliki oleh suatu negara

3. Mengapa perbedaan teknologi menjadi faktor pendorong terbentuknya kerja sama antarnegara?

Jawaban:

Karena jika negara-negara memiliki kemampuan teknologi yang berbeda mereka akan bekerja sama agar dapat memenuhi kebutuhan masing-masing negaranya

4. Sebutkan faktor penghambat kerja sama di kawasan ASEAN!

Jawaban:

Faktor penghambatnya antara lain, perbedaan ideology, konflik dan peperangan, kebijakan protektif, dan perbedaan kepentingan tiap-tiap negara

5. Mengapa keamanan negara menjadi penghambat dalam kerja sama antar negara?

Jawaban:

Keamanan negara menjadi penghambat kerja sama antarnegara karena jika suatu negara yang tidak aman akan menjadikan negara lain enggan bahkan tidak mau bekerja sama dengan negara tersebut.

6. Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk kerja sama yang ada di antara negara-negara anggota ASEAN!

Jawaban:

Bentuk-bentuk kerja sama yang ada di antara negara-negara anggota ASEAN dilakukan dalam berbagai bidang, diantaranya:

- Bidang Sosial dan Budaya:

Setiap negara anggota ASEAN diminta berperan aktif dan ikut serta dalam upaya kerja sama guna mendukung kesejahteraan negaranya sendiri.

- Bidang Politik dan Keamanan:

Kerja sama ini ditujukan untuk menciptakan keamanan, stabilitas, dan perdamaian antarnegara di ASEAN.

- Bidang Pendidikan:

Bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara dan meningkatkan daya saing internasional.

- Bidang Ekonomi:

Berbagai bentuk kerja sama diwujudkan untuk terciptanya pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkesinambungan antarnegara-negara anggota ASEAN

7. Seberapa pentingkah kerja sama antarnegara anggota ASEAN? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban:

Kerja sama antarnegara anggota ASEAN sangat diperlukan untuk menciptakan perdamaian dan ketenangan diantara negara-negara anggotanya. Selain itu dengan adanya kerja sama tersebut, akan tercipta kerukunan dan kemajuan bersama. Hal-hal yang menjadi keinginan dan kebutuhan negara anggota akan mudah terwujud melalui kerja sama yang terjalin. Demikain juga jika terjadi permasalahan akibat dari keinginan masing-masing negara, maka kerja sama yang berlangsung akan segera dapat diatasi. Kerja saama juga dapat meminimalisasikan masalah yang timbul dari interaksi antarnegara dalam berbagai bidang.

8. MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dibentuk untuk membentuk pasar tunggal dan menciptakan kondisi yang kompetitif antarnegara demi peningkatan negara-negara anggotanya. Jelaskan keuntungan MEA bagi negara-negara anggota ASEAN! 

Jawaban:

1) Membuka peluang untuk penanaman modal asing.

2) Mempermudah perdagangan di ASEAN.

3) Membuka peluang untuk kompetisi dalam bursa tenaga kerja

9. Jelaskan bentuk bantuan Indonesia untuk konflik di Rohingya Myanmar sebagai wujud kepedulian anggota ASEAN!

Jawaban:

1) Mengutus menteri luar negeri Retno Marsudi untuk datang langsung ke Myanmar berdialog dengan pemerintah untuk segera mengendalikan keamanan di Rakhine State Myanmar yang merupakan daerah konflik.

2) Memberikan bantuan kemanusiaan berupa peresmian aliansi lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dibidang kemanusiaan, untuk membantu krisis humaniter warga Rohingya yang menjadi korban konflik.

3) Mengembangkan proyek pembangunan fasilitas pendidikan dan kesehatan untuk etnis Rohingya dan warga sipil yang terdampak konflik di Rakhine, Myanmar.

4) Memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada korban pengungsi Rohingya.

10. Mengapa pengembangan budaya dapat mendorong sektor pariwisata?

Jawaban:

Karena mayoritas sektor wisata berupa warisan situs cagar budaya yang bersifat kebendaan. Sehingga jika budaya dikembangkan dengan baik otomatis sektor pariwisata akan terdorong berkembang dan meningkat dengan baik pula. Sebaliknya jika budaya tidak dikembangkan dengan baik maka wisata juga tidak akan berkembang dengan baik.

11. Jelaskan upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan pekerja migran di wilayah ASEAN?

Jawaban:

Dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama ASEAN yang bernama ASEAN Consensus on the Promotion and Protection of the Rights of Migrant Workers. Sebuah kesepakatan untuk melindungi pekerja migran dan keluarganya di kawasan ASEAN pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-31 ASEAN di Manila Filipina, pada tanggal 14 November 2017.

12. Jelaskan bagaimana upaya meningkatkan pendidikan di negara-negara anggota ASEAN!

Jawaban:

1) Meningkatkan mutu pendidik baik bagi dosen atau guru melalui proses sertifikasi, akreditasi, standarisasi pendidikan, peningkatan gaji, dan kesejahteraan pendidik.

2) Melakukan rekruitmen pendidik yang professional.

13. Sebutkan bidang Tiga Pilar ASEAN!

Jawaban:

- Bidang politik-keamanan

- Bidang ekonomi

- Bidang sosial budaya 

14. Apa saja yang menjadi fokus masyarakat ASEAN dalam peningkatan pilar sosial budaya?

Jawaban:

- Bidang kependudukan, kemiskinan, ketenagakerjaan, kesejahteraan masyarakat. 

- Membuka akses yang seluas-luasnya bagi penduduk di negaranegara anggotanya di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, teknologi, kesehatan, serta lingkungan hidup. 

15. Sebutkan 3 isi deklarasi ASEAN Ministerial Meeting on Women di Vientine Laos, pada tanggal 19 Oktober 2012!

Jawaban:

- Pengetahuan dan keterampilan perempuandalam bidang lingkungan.

- Akses, kepemilikan, dan control terhadap sumber daya.

- Pembuatan kebijakan, strategi, dan program mengenai lingkungan berkelanjutan untuk perempuan terutama yang berasal dari kelompok rentan.

16. Hal-apa saja yang menjadi prioritas peningkatan dalam bidang politik dan keamanan?

Jawaban:

Meningkatan kualitas pelayanan publik melalui peningkatan kemampuan pemerintah dan pelibatan masyarakat madani (civil society) dalam pengambilan keputusan

17. Apa yang akan Ananda lakukan sebagai anak sekolah untuk dapat berpatisipasi dalam upaya meningkatkan kerja sama di antara negara ASEAN?

Jawaban:

Berlatih menjadi menjadi warga negara yang baik dengan menjadi pelajar yang baik yaitu dengan cara giat belajar, berlatih berfikir positif untuk berprestasi menjadi yang terbaik

Demikian postingan yang menyajikan contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 1 Bab 2 tentang Indahnya Berinteraksi dengan Negara-negara ASEAN lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat, silahkan baca postingan-postingan lainnya. Selamat dan semangat belajar untuk masa depan yang lebih baik.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !
close
X