Soal IPS Kelas 8 Tema 01. Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya (Kelas VIII SMK Kurikulum Merdeka)

Soal IPS Kelas 8 Tema 01. Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya (Kelas VIII SMK Kurikulum Merdeka). Pembaca, berikut ini sajian soal-soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII SMP yang menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar.

Soal-soal di bawah ini cocok digunakan untuk menambah referensi Bapak Ibu Guru dalam membuat soal. Bagi adik-adik yang sekarang kelas 8 pun bagus untuk digunakan dalam belajar secara mandiri. 

Soal IPS Kelas VIII Tema 01. Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya dengan Jawabannya

A. Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 8 Tema 01. Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya

Pilih jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D

1. Indonesia memiliki banyak gunungapi aktif. Jalur pegunungan di Indonesia membentang dari ujung utara Sumatra memanjang melalui pantai barat Sumatra, melewati Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Banda, Sulawesi, dan Halmahera. Jumlah gunung aktif di Indonesia sebanyak 127 gunung api aktif. Dampak tersebut merupakan dampak dari adanya …

a. Letak astronomis.

b. Letak geografis.

c. Letak geologis.

d. Letak absolut.

Kunci Jawaban: C

2. Perhatian nama-nama negara di bawah ini

(1) Indonesia

(2) Filipina

(3) Jepang

(4) Korea Selatan

(5) Inggris

(6) Perancis

Negara yang memiliki iklim sub tropis ialah …

a. (1) dan (3).

b. (5) dan (6).

c. (2) dan (4).

d. (3) dan (4).

Kunci Jawaban: D

3. Hutan dapat berfungsi sebagai hutan produksi, hutan lindung dan hutan konservasi. Berikut merupakan fungsi hutan dalam kegiatan produksi adalah …

a. Hutan melindungi sistem daya dukung lingkungan hidup .

b. Hutan melakukan perlindungan terhadap sistem penyangga kehidupan, pengawetan beragam jenis tumbuhan dan satwa.

c. Hutan menghasilkan bahan baku untuk pembuatan produk dan jasa.

d. Hutan mencegah terjadinya banjir, erosi dan mempertahankan kesuburan tanah untuk tanaman yang ada di dalamnya.

Kunci Jawaban: C

4. Perhatikan pernyataan berikut

(1) Luas wilayah

(2) Suhu dan kelembaban udara

(3) Posisi strategis

(4) Jumlah penduduk

(5) Isolasi kepulauan oleh lautan

Faktor geografis yang memengaruhi keragaman budaya adalah ….

a. (1), (2), dan (3).

b. (1), (2), dan (4).

c. (1), (3), dan (5).

d. (2), (4), dan (5).

Kunci Jawaban: D

5. Pengaruh Hindu di Indonesia melalui jalan damai yang dilakukan pedagang dari India melalui jalur laut. Perdagangan pada masa itu sedang berkembang karena jalur sutra yang menghubungkan India - Cina melalui jalur laut dan melalui wilayah Nusantara adalah pernyataan dari teori ….

a. Teori waisya.

b. Teori brahmana.

c. Teori ksatria.

d. Teori arus balik.

Kunci Jawaban: A

B. Soal Essay IPS Kelas 7 Tema 01. Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar dan tepat! 

1. Bagaimana pengaruh iklim terhadap keragaman sosial budaya di Indonesia?

Jawaban:

Indonesia diwarnai oleh mikro iklim yang amat beragam. Dalam sebuah ruang wilayah yang sempit, perbedaan ketinggian tempat dapat menghasilkan perbedaan suhu yang signifikan. Perbedaan antara satu 

wilayah dengan wilayah lain inilah menyebabkan perbedaan pola perilaku yang berbeda, mulai dari bahasa hingga ke sistem mata pencarian hidup dan sistem ekonomi. Contoh real atau contoh nyata dari keragaman regional dapat dilihat pada masyarakat pesisir Pantai Utara Jawa, dibandingkan dengan masyarakat yang tinggal di wilayah pegunungan di pulau yang sama, Jawa. Begitu pula masyarakat pesisir utara Pulau Sumatra dengan masyarakat yang tinggal di lereng Pegunungan Bukit Barisan.

Indonesia bagian barat memang di dominasi oleh bioma Hutan Hujan Tropis, namun pulau Jawa secara mikro iklim dapat dibagi menjadi menjadi dua region. Region Jawa bagian Barat masih beruakan Bioma Hutan hujan tropis, namun Jawa bagian Timur sudah dipengaruhi oleh Bioma Hutan Musim Tropis atau hutan gugur tropis, zona ini sampai ke Pulau Bali. Nusa Tenggara Barat berbatasan selat dengan Bali, namun kondisi yang ada di NTB sudah dapat dikategorikan sebagai sabana. Berbeda pula di Nusa Tenggara Timur di mana kategori bioma yang tepat untuk menggambarkan NTT adalah stepa tropis.

Suhu yang dingin akan selaras dengan pakaian tradisional berlengan panjang. Tinggal di pesisir akan menyebabkan mata pencarian sebagai nelayan. Sistem pertanian di dataran rendah dan dataran tinggi juga akan berbeda, karena suhu yang berbeda. Bermukim di pedalaman hutan juga akan menimbulkan perbedaan yang mencolok pada bentuk rumah adat. Jenis makanan tradisional juga tidak terlepas dari kondisi iklim setempat.

Kearifan lokal yang berkembang di Nusantara akibat kondisi iklim juga terlihat pada Masyarakat Adat Baduy. Rumah warga di Desa Kanekes hanya boleh menghadap ke utara dan selatan, ini tujuannya supaya sinar matahari dapat masuk melalui jendela rumah. Kelembaban udara di lereng pegunungan cenderung lembab, sehingga apabila ventilasi tidak bekerja dengan baik maka sirkulasi udara tidak akan baik. Adaptasi bentuk rumah tradisional juga dimiliki oleh berbagai kebudayaan di Indonesia yang disesuaikan dengan latar belakang kearifan lokal dan kondisi sekitar, seperti bentuk rumah Joglo, Panggung dan masih banyak lainnya.

2. Bagaimana hubungan proses geografis dengan kedatangan bangsa-bangsa asing di Indonesia?

Jawaban:

Kedatangan bangsa-bangsa asing ke Indonesia disebabkan karena adanya proses geografis yang berupa angin muson untuk berlayar ke timur dari India ke Cina. Selain itu, terdapatnya selat malaka yang digunakan sebagai tempat transit kapal-kapal untuk mengirimkan komoditas dari India ke Cina yang disebut sebagai jalur sutra karena komoditas yang diperjualbelikan berupa kain sutra, wewangian, dan rempah-rempah.

Peralihan rute perdagangan dari jalur darat menuju jalur laut ini juga membawa keuntungan bagi masyarakat di Indonesia. Masyarakat di Indonesia juga ternyata ikut aktif dalam perdagangan tersebut sehingga terjadilah kontak hubungan di antara keduanya (Indonesia-India dan Indonesia-Cina).

3. Potensi sumber daya alam yang dimanfaatkan secara terus menerus mengakibatkan perubahan bagi kelangsungan alam. Salah satu dampak perubahan alam yang terjadi adalah menurunnya daya dukung lingkungan terhadap kehidupan manusia. Jelaskan faktor yang menyebabkan perubahan potensi sumber daya alam!

Jawaban:

Populasi manusia yang semakin bertambah membuat konsumsi semakin bertambah. Hal ini mempengaruhi tingkat eksploitasi terhadap sumber daya alam yang juga mengalami peningkatan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Eksploitasi sumber daya alam yang berlebih dengan menggunakan prinsip maksimalisasi dan mengabaikan pelestarian lingkungan dapat menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Dampaknya terjadi perubahan potensi sumber daya alam yang semakin mengalami penurunan. Oleh karena itu, dalam kegiatan pemanfaatan lingkungan harus memperhatikan kelestarian lingkungan agar dampak negatif dapat diminimalisir dan potensi sumber daya alam tetap lestari.

4. Bagaimana pendapat kalian tentang teman yang berbuat curang ketika ujian sekolah dan apa yang akan kalian lakukan? Apakah perilaku tersebut telah melanggar norma? Jelaskan!

Jawaban:

Menurut saya ketika ada teman yang berbuat curang saat ujian sekolah dapat diberikan nasehat pada saat ujian sekolah selesai, walaupun perilaku tersebut melanggar norma dalam dunia pendidikan. Namun, jika teman tersebut terus-menerus melakukan kecurangan setelah diberikan nasehat ada baiknya dapat diberikan sanksi oleh guru.

5. Terdapat teori masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia. Teori apa yang paling kuat menurut pendapatmu? Jelaskan alasan dan bukti-buktinya!

Jawaban:

Menurut saya teori yang paling kuat adalah teori Brahmana, karena dalam teori brahmana menunjukkan bahwa merekalah yang memahami dengan benar kitab Weda dan bertanggung jawab untuk menyebarkan agama Hindu. Buktinya dalam kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia yang menjadi raja adalah mereka yang mempunyai kasta paling tinggi dan mampu menyebarkan agama Hindu-Buddha serta raja juga berpengaruh terhadap masyarakat di sekitarnya.

Demikian postingan yang menyajikan contoh soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Tema 01 yang membahas Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya yang rujuk dari Buku IPS Kelas VIII SMP dengan dikemas kembali menjadi kemasan yang semoga memudahkan untuk dibaca dan dipelajari. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan yang lainnya.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !