Soal IPS Kelas 8 Tema 02. Kemajemukan Masyarakat Indonesia (Kelas VIII SMK Kurikulum Merdeka)

Soal IPS Kelas 8 Tema 02. Kemajemukan Masyarakat Indonesia (Kelas VIII SMK Kurikulum Merdeka) - Pembaca, berikut ini sajian soal-soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII SMP yang menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar.

Soal-soal di bawah ini cocok digunakan untuk menambah referensi Bapak Ibu Guru dalam membuat soal. Bagi adik-adik yang sekarang kelas 8 pun bagus untuk digunakan dalam belajar secara mandiri. 

Soal IPS Kelas 8 Tema 02. Kemajemukan Masyarakat Indonesia dengan Jawabannya

Soal-soal pada pembahasan teks terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal-soal essay. Bagian A adalah soal pilihan ganda, sedangkan bagian B adalah soal essay. Selamat membaca dan mempelajari. 

A. Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 8 Tema 02. Kemajemukan Masyarakat Indonesia

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar! 

1. Cuaca dan iklim sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Iklim di Indonesia merupakan iklim tropis sehingga menyebabkan terjadinya dua musim yaitu kemarau dan penghujan. Setiap awal Oktober hingga bulan April Indonesia mengalami musim penghujan.

Dampak dari musim penghujan bagi kehidupan manusia adalah ...

a. peningkatan volume air sehingga kuantitas air menurun.

b. peningkatan curah hujan sehingga menyebabkan kualitas sumber air menurun.

c. peningkatan suhu yang menyebabkan tenggelamnya pulau-pulau kecil.

d. peningkatan kewaspadaan manusia dalam menghadapi bencana banjir.

Kunci Jawaban: A

2. Setiap wilayah di muka bumi memiliki bentuk dan karakteristik masing-masing. Perbedaan antara wilayah satu dan yang lain juga memengaruhi berbagai aktivitas ekonomi masyarakat setempat. Daerah dataran rendah memiliki komoditas ekonomi yang cukup beragam daripada daerah pegunungan. Faktor alam yang dapat melatarbelakangi hal tersebuh adalah ...

a. daerah dataran rendah memiliki akses yang lebih mudah dijangkau .

b. daerah dataran rendah merupakan daerah yang subur.

c. daerah pegunungan memiliki suhu dan curah hujan yang tinggi.

d. daerah pegunungan merupakan daerah yang tinggi.

Kunci Jawaban: B

3. Setiap negara memiliki pertumbuhan penduduk yang berbeda-beda. Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa. Pertumbuhan penduduk yang besar tanpa diimbangivdengan penekanan jumlah penduduk akan menyebabkan permasalahan di segala bidang. Masalah yang mungkin muncul di masyarakat dalam bidang sosial adalah ...

a. minimnya lapangan pekerjaan.

b. rendahnya tingkat pendidikan masyarakat.

c. meningkatnya angka kriminalitas.

d. rendahnya tingkat pendapatan masyarakat.

Kunci Jawaban: C

4. Seorang guru mata pelajaran IPS mendapatkan surat tugas mengajar di Kabupaten Tarakan. Kemudian beliau mendapatkan surat mutasi dipindahkan ke Kota Palangkaraya. Mobilitas sosial yang dialami seorang guru adalah ...

a. vertikal .

b. horizontal.

c. vertical sinking.

d. vertical climbing.

Kunci Jawaban: B

5. Perhatikan pernyataan berikut:

(1) Syarat untuk masuk agama Islam sangat mudah, yaitu hanya dengan mengucap dua kalimat syahadat.

(2) Terdapat paksaan dari raja untuk memeluk agama Islam.

(3) Agama Islam tidak mengenal sistem kasta.

(4) Proses penyebaran agama Islam di Indonesia dilakukan secara damai tanpa kekerasan.

(5) Memiliki upacara tradisi yang mengharuskan keikutsertaan masyarakat. 

Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan pernyataaan bahwa penyebaran Islam masuk dengan mudah ke Indonesia adalah . . ..

a. (1), (2) dan (3).

b. (1), (3) dan (4).

c. (2), (3) dan (5).

d. (3), (4) dan (5).

Kunci Jawaban: B

B. Soal Essay IPS Kelas 8 Tema 02. Kemajemukan Masyarakat Indonesia

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat sangat beragam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yakni produksi, konsumsi dan distribusi. Jelaskan kegiatan ekonomi yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalmu! Kemudian, berikan contohnya dari masing-masing kegiatan ekonomi!

Jawaban:

Kegiatan ekonomi yang ada di sekitar tempat tinggal:

a. Kegiatan produksi

Kegiatan yang mengahasilkan barang atau jasa. Kegiatan produksi yang biasa dilakukan di oleh masyarakat lingkungan sekitar tempat tinggal yaitu produksi makanan, konveksi, alat rumah tangga, alat pertanian dan sebagainya.

b. Kegiatan konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang atau jasa. Bentuk kegiatan konsumsi yang ada dilingkungan sekitar adalah membeli dan menggunakan peralatan rumah tangga, membeli dan menggunakan alat mandi, menggunakan alat elektronik seperti tv, laptop, komputer, radio dan sebagainya.

c. Kegiatan distribusi

Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Contohnya, agen ditribusi barang dan jasa menghantarkan pesanan dari produsen ke konsumen seperti J & T, JNE, Shopee express.

2. Kota A merupakan salah satu kota yang memiliki penduduk padat. Jumlah penduduk lahir adalah 560 dan jumlah penduduk mati adalah 330. Sedangkan jumlah penduduk yang bekerja di luar negeri berjumlah 68 dan jumlah penduduk yang kembali dari luar sebanyak 147. Hitunglah pertumbuhan penduduk Kota A di tahun ini!

Jawaban:

Pertumbuhan penduduk Kota A di tahun ini:

P = (L – M) + (I– E)

L = 560

ad

M= 330

I = 147

E = 68

P = (560- 330) + (147- 68)

    = 230 + 79

    = 309

3. Jelaskan bentuk-bentuk mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat lingkungan tempat tinggalmu! Berikan contoh dari masing-masing bentuk mobilitas sosial!

Jawaban:

Bentuk mobilitas sosial yang terjadi di lingkungan tempat tinggal:

a. Mobilitas vertikal ke atas (social climbing)

Terjadi dalam kenaikan status seseornag ke strata atas. Kenaikan ini dapat dalam bentuk ukuran ekonomi dan jabatan.

 b. Mobilitas vertikal ke bawah (social sinking)

Terjadinya penurunan status seseorang ke strata bawah.

c. Mobilitas horizontal

Mobilitas horizontal adalah perpindahan status sosial seseorang atau sekelompok orang dalam lapisan sosial yang sama. Mobilitas horizontal merupakan peralihan individu atau obyek-obyek sosial lainnya dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat. Mobilitas horizontal tidak terjadi perubahan dalam derajat kedudukan seseorang dalam mobilitas sosialnya.

Sebagai contoh bacaan seorang kepala sekolah yang mengalami mutasi merupakan contoh mobilitas horizontal di mana kepala sekolah tersebut mengalami perpindahan kedudukan dari kepala sekolah di daerah Jawa Timur ke daerah Lombok. 

4. Uraikanlah proses masuknya agama Islam ke Indonesia!

Jawaban:

Proses masuknya agama Islam ke Indonesia melalui beberapa jalur yaitu sebagai berikut:

a) Perdagangan

Perdagangan merupakan salah satu cara penyebaran Islam yang pertama dan utama dalam proses penyebaran Islam di Indonesia. Sekitar abad ke-7 sampai abad ke 16 terdapat lalu lintas perdagangan yang melalui Indonesia. Hal ini menyeabakan terjadinya interaksi antara pedagang Nusantara dan pedagang asing (Islam ) dari Gujarat dan Timur Tengah yang saling bertukar pengaruh. Inilah yang mendorong berkembangnya agam Islam di Nusantara.

b) Perkawinan

Perkawinan yang terjadi antara pedagang-pedagang Islam dengan pribumi menyebabkan dampak yang positif terhadap perkembangan agama Islam . Para saudagar yang berdagang di Indonesia itu tidak membawa keluarga, mereka kemudian menikah dengan penduduk setempat, setelah terlebih dahulu mengislamkan calon isterinya. Dari pernikahan antara para saudagar dengan wanita pribumi ini, kemudian mengembangkan bentuk masyarakat Islam , terutama di daerah pesisir Indonesia. Ada juga para saudagar yang menikah dengan putri raja atau bangsawan. Dengan demikian, banyak keluarga raja atau bangsawan yang menganut agama Islam . Berhubung raja dan bangsawannya memeluk Islam maka rakyat pun ikut memeluk agama Islam.

c) Pendidikan

Para ulama mendirikan pesantren pesantren yang mendidik murid murid mereka tentang ilmu ilmu agama. Para ulama mendirikan lembaga pendidikan pesantren karena pola ini dianggap sama dengan model padepokan yang berdiri pada masa Hindu.

d) Dakwah

Penyebaran melalui dakwah yakni para juru dakwah (wali, ulama, tokoh agama) menyebarkan agama Islam di lingkungannya masing masing. Dengan demikian, agama Islam menyebar di kalangan masyarakat. Para ulama melakukan pengembangan atau penyebaran agama Islam dengan terjun ke masyarakat, pasar, tempat umum yang terdapat banyak rakyat yang beraktivitas.

e) Kesenian

Jalur kesenian yang menggunakan bentuk akulturasi yaitu menggunakan jenis budaya setempat yang dialiri dengan ajaran Islam di dalamnya.

5. Deskripsikan salah satu kerajaan Islam yang berkembang di Indonesia bagian barat!

Jawaban:

Salah satu Kerajaan Islam yang ada di Indonesia bagian barat:

1) Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan pertama setelah Perlak di daerah Aceh. Didirkan Marah Silu yang kemudian bergelar Malik Al Saleh (1285-1297). Kerajaan berkembang makmur memiliki rute laut strategis yaitu di Selat Malaka.

Kelanjutan kerajaan dibuktikan dengan beberapa nama seperti Muhammad Malik Az Zahir (1292- 1326), Mahmud Malik Az Zahir atau Sultan Malik al Tahir II (1326- 1348), Sultan Ahmad Malik Az Zahir (1350 an), dan Sultan Zain-al Abidin Malik Az Zahir (1383 -1405). Akhir kerajaan dikaitkan dengan perkembangan Kerajaan Siam di Thailand.

2) Kesultanan Aceh

Sultan Ali Mughayat Syah merupakan raja pertama(1514 – 1528). Aceh berkembang pesat bahkan menyerang Portugis di Malaka (1515) walaupun tidak berhasil. Tahun 1521 Portugis berhasil menguasai Aceh. Raja terbesar adalah Sultan Iskandar Muda ( 1607-1636 ) berhasil meluaskan kekuasaan sampau ke Deli, Johor, Bintan, Pahang, Kedah, Perak Kemunduran Aceh tidak lepas dari pengaruh VOC yang semakin kuat. VOC menghambat perdagangan laut Aceh. Aceh kehilangan kedudukannya sebagai pusat perdagangan dan kekuatan politik pada akhir abad XVII.

Demikian postingan yang menyajikan contoh soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Tema 02 yang membahas Kemajemukan Masyarakat Indonesia lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya yang rujuk dari Buku IPS Kelas VIII SMP dengan dikemas kembali menjadi kemasan yang semoga memudahkan untuk dibaca dan dipelajari. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan yang lainnya.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !
close
X