Inilah 5 Tips Cara Menulis Bagus dan Rapi di Buku Tulis

Cara Menulis Bagus dan Rapi di Buku Tulis

Mendengar tips tentang cara menulis dengan rapi tentu menjadi topik pembahasan yang menarik untuk dibahas, bukan? Apalagi, banyak sekali orang yang terkadang merasa masa bodoh dengan tulisan diri sendiri. Padahal, hal ini bisa menjadi nilai plus tersendiri bagi diri sendiri maupun di mata orang lain.

Sebelum membahas mengenai cara menulis tulisan yang bagus dan rapi, pernahkan kamu mendengar mengenai tulisan tangan yang bagus bisa mencerminkan kepribadian seseorang? Ya, hal ini memang benar adanya mengingat tulisan tangan umumnya juga bisa memberi keuntungan bagi diri sendiri.

Nah, alasan inilah yang akhirnya menjadikan pertanyaan mengapa tulisan tangan seseorang penting untuk diperhatikan baik – baik.

Daftar Isi Artikel(toc)

Apa alasan menulis bagus dan rapi penting untuk diperhatikan seseorang?

Meskipun di zaman serba canggih sekarang ini banyak yang menggunakan komputer / laptop sebagai media menulis paling cepat, namun siapa sangka jika menulis tangan umumnya memberikan kesan tersendiri bagi diri seseorang. Bahkan, tak jarang orang sering kali merasa terpukau dengan tulisan tangan rapi dan bagus dari orang lain.

Secara umum, ada beberapa alasan penting mengapa seseorang perlu menulis dengan tulisan yang rapi dan bagus. Nah, beberapa alasan yang melatarbelakanginya yakni sebagai berikut :

1. Mampu meningkatkan performa akademik seseorang

Dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa tulisan di buku tulis yang rapi dan bagus umumnya membantu meningkatkan performa akademik seorang siswa. Bahkan, kamu perlu tahu bahwa tulisan tangan bagus dan rapi juga umumnya akan mendukung kemampuan seseorang dalam pelajaran matematika dan bahasa. 

2. Dapat meningkatkan kemampuan kognitif 

Sebagai contoh saat kamu bersekolah dan mendapatkan tugas hafalan, tentu saja nantinya akan membuka tulisan yang sebelumnya ditulis di buku tulismu, bukan? 

Nah, hal inilah yang nantinya akan memudahkan kamu untuk membaca materi yang ditulis dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam diri sendiri. 

3. Memberikan kesan tersendiri bagi orang lain

Banyak sekali orang yang terkadang merasa terpukau dan kagum akan tulisan orang lain yang memang terbilang rapi dan bagus untuk dibaca. 

Hal inilah yang menjadikan alasan mengapa mempelajari belajar tips cepat benar agar tegak bersambung atau tulisan lainnya penting diperhatikan dengan baik.

4. Menjadikan bagian dari kehidupan sehari – hari

Walaupun seseorang kini telah hidup di zaman serba digital, namun siapa sangka jika ada sebagian orang yang kini masih setia menulis kesehariannya di notes atau buku diary. Nah, hal inilah yang menjadikan menulis tangan menjadi bagian dari kehidupan sehari – hari.

Bagaimana tips cara menulis dengan rapi dan bagus?

Kamu tentu pernah atau bahkan sering merasa jika tulisanmu sendiri kurang bagus dengan tulisan orang lain, bukan? Hal inilah yang terkadang membuatmu merasa ingin belajar menulis dengan rapi dan bagus agar tidak kesulitan saat membaca tulisan sendiri. 

Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tulisan tangan jauh lebih rapi dan akan terkesan sendiri ketika sudah mencoba mempraktikkannya.

1. Gunakan alat tulis yang pas dan berkualitas

Tahukah kamu, bahwa penggunaan alat tulis seperti halnya pensil atau bolpoin umumnya sangat menentukan bagaimana tulisan tangan terlihat. Agar tulisan bisa rapi dan bagus, maka sebaiknya kamu menggunakan alat tulis yang pas dan berkualitas.

2. Usahakan menulis di atas kertas bergaris

Demi melatih tulisan tangan lebih rapi dan terlihat indah, maka sebaiknya kamu menyiapkan kertas bergaris dengan jarak yang tidak terlalu kecil. Dalam hal ini, kamu bisa lebih mudah melihat seberapa jauh perkembangan tulisan tanganmu nantinya.

3. Lakukan eksperimen dengan berbagai posisi kertas

Banyak sekali orang yang terkadang melakukan kesalahan menulis dengan posisi kertas tegak di depan dada. Agar memperoleh tulisan yang bagus dan rapi, tidak ada salahnya bagi kamu melakukan eksperimen dengan berbagai posisi kertas yang digunakan.

4. Usahakan memegang alat tulis dengan santai

Kamu perlu perhatikan bahwa tidak menekan ujung alat tulis umumnya menjadi salah satu cara mempraktikkan memegang alat tulis dengan santai. Ya, hal inilah yang sering kali dijadikan posisi nyaman bagi seseorang untuk bisa menghasilkan tulisan yang akan terlihat bagus dan rapi.

6. Mengatur kecepatan dalam menulis

Dalam menulis, ada baiknya kamu untuk memperhatikan tempo yang tidak terlalu cepat ataupun terlalu lambat. Sebaiknya, kamu cari kecepatan yang standar dan pas untuk bisa menghasilkan tulisan yang rapi dan bagus.

Jadi, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam mempraktikkan cara menulis dengan rapi dan bagus untuk memberi kesan tersendiri bagi diri sendiri maupun orang lain.

Tags
Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !