Cara Menambahkan Font Sendiri di Aplikasi CapCut

Cara menambahkan font sendiri di Capcut

Odebery.com - Font adalah sebuah desain huruf yang memiliki berat, jarak, ukuran dan gaya tertentu. Penggunaan font dapat disesuaikan dengan keadaan, misalnya jika seseorang ingin membuat sebuah video edukasi maka sebaiknya menggunakan font yang lebih formal. 

Hal ini bertujuan supaya terlihat natural dan relevan dengan konteks edukasi. Begitu pula sebaliknya, jika ingin membuat sebuah konten maka harus menyesuaikan bentuk fontnya juga supaya terlihat lebih profesional.

Di dalam aplikasi Capcut sendiri, saya melihat ada cukup banyak pilihan jenis font bahasa yang bisa digunakan, diantaranya:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Inggris
  3. Jepang
  4. Korea
  5. Mandarin
  6. Rusia 
  7. Portugis
  8. Arabik
  9. Dll

Menurut saya font-font di atas ini digunakan oleh Capcut karena merupakan font yang paling populer di negara-negara tersebut. Jika kamu buka salah satu font bahasanya, maka akan muncul berbagai jenis font lainnya.

Jenis-Jenis Font yang Umum Digunakan

Sebenarnya ada berapa sih jenis font yang umum digunakan? Berdasarkan yang saya pelajari setidaknya ada 15 jenis font yang populer digunakan oleh kebanyakan orang, diantaranya:

  1. Serif 
  2. Sans-serif
  3. Slab Serif
  4. Script
  5. Hand Drawn
  6. Blackletter
  7. Dekoratif
  8. Pixel
  9. Monospaced
  10. Calligraphic
  11. Typewriter
  12. Comic
  13. Retro
  14. Display
  15. Grunge

Nah dari jenis font di atas, manakah font yang paling kamu sukai? Jika berkenan silahkan tambahkan di kolom komentar ya :)

Cara Menambahkan Font Sendiri di Aplikasi CapCut

Di aplikasi Capcut ternyata kamu bisa menambahkan font kesukaanmu sendiri, lho. Terlepas dari font default, kamu bisa menambahkan berbagai jenis font yang kamu unduh dari website penyedia font seperti: 

  • Google fonts 
  • DaFont
  • Font Squirrel

Pada artikel ini saya hanya membahas satu website saja, berikut langkah menambahkan font dari DaFont ke aplikasi CapCut: 

Pertama kunjungi website https://www.dafont.com/ lalu cari jenis font yang ingin kamu tambahkan ke aplikasi Capcut. Sebagai contoh, di sini saya pilih font Papernotes -> lalu klik tombol Download di sebelah kanan font.

Cara menambahkan font sendiri di Capcut

Langkah selanjutnya buka aplikasi File Manager lalu Ekstrak berkas font yang baru saja kamu unduh. Kemudian letakkan di dalam folder khusus supaya filenya tidak tercampur dengan file lain.

(Jika aplikasi manager tidak bisa mengekstrak file, kamu bisa menggunakan aplikasi RAR atau ZArchiver) 

Cara menambahkan font sendiri di Capcut

Setelah itu buka aplikasi Capcut lalu masuklah ke dalam proyek yang kamu miliki atau bisa membuat baru lagi. Kemudian buka menu Teks -> Tambahkan Teks -> pilih ikon + -> lalu pilih Unggah File.

Nah file yang diekstrak tadi memiliki 3 jenis ekstensi, yaitu:

  1. OTF
  2. TTF
  3. WOFF2

Dari ketiga jenis ekstensi tersebut hanya 2 yang dapat digunakan, yaitu OTF dan TTF. Silahkan tambahkan font yang memiliki kedua jenis format tersebut ke dalam aplikasi Capcut.

Cara menambahkan font sendiri di Capcut

Selanjutnya untuk menggunakan font yang kita tambahkan tadi, silahkan pilih menu bagian Impor Fon. Kemudian kamu hanya perlu menambahkan teks atau kalimat menggunakan font tersebut.

Cara menambahkan font sendiri di Capcut

Terakhir, tinggal kamu edit supaya terlihat lebih natural dengan video atau foto yang sedang kamu kerjakan di capcut.

Artikel: Cara Menambahkan Font Sendiri di CapCut

Rekomendasi artikel lainnya:

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !