Cara Mengatasi HP Mati Saat Mendengarkan Voice Note

cara mengatasi hp mati saat mendengarkan voice note

Odebery.com - Voice note merupakan fitur praktis yang memudahkan seseorang mengirimkan pesan tanpa harus mengetik lagi. Durasi dari voice note sendiri bisa mencapai 2 jam lebih tanpa putus. Untuk durasi maksimalnya saya juga masih belum menemukan jawabannya.

Pada umumnya memutar voice note tidak akan mematikan layar hp, lho. Hanya saja ada sejenis sensor khusus yang membuat layar hp kamu mati. 

Sensor ini sendiri memang didesain untuk mendeteksi kehadiran objek di sekitar sensor tanpa harus melakukan kontak fisik. 

Penyebab Layar HP Mati Saat Mendengarkan Voice Note

Penyebab layar hp mati sendiri ketika mendengarkan voice note dikarenakan sensor Proximity. Cara kerja sensor Proximity adalah ketika seseorang mendekatkan smartphonenya ke tubuh saat telepon atau mendengarkan voice note maka otomatis sensor akan mematikan layar smartphone tersebut.

Hal ini juga berlaku apabila kamu mendekatkan layar ke arah benda. Jadi intinya ketika kamu menerima panggilan atau sedang mendengarkan voice note jangan terlalu mendekatkan layar ke tubuh atau benda.

Apakah ada solusi lain? Tentu saja ada. Beberapa diantaranya juga sering saya gunakan ketika menerima panggilan telepon.

Cara Mengatasi Layar HP Mati Saat Mendengarkan Voice Note

Berikut langkah mengatasi hp mati ketika mendengarkan voice note di whatsapp:

1. Menggunakan Headset 

cara mengatasi hp mati saat mendengarkan voice note

Headset adalah pilihan yang tepat untuk menghindari aktifnya sensor proximity. Karena ketika kamu menggunakan headset sensor proximity secara otomatis akan dinonaktifkan.

2. Jangan Terlalu Dekat dengan Sensor

Sebaiknya jangan terlalu mendekatkan layar smartphone kamu ke tubuh atau benda lainnya. Hal ini bertujuan supaya sensor tidak aktif untuk menjaga supaya layar tetap menyala.

3. Beralih ke Loudspeaker

cara mengatasi hp mati saat mendengarkan voice note

Cara lain untuk menghindari aktifnya sensor adalah dengan mengaktifkan Loudspeaker. Pada umumnya ketika seseorang menerima telepon dari orang lain maka ia masih menggunakan speaker telepon yang memiliki suara rendah.

Nah, jika kamu menggunakan speaker ini sensor proximity masih aktif. Maka sebaiknya ubah ke Loudspeaker untuk menonaktifkan sensor tersebut.

4. Mematikan Sensor Jarak Jauh

Di beberapa perangkat smartphone seperti Xiaomi kamu masih bisa menonaktifkan sensor proximity melalui pengaturan, berikut langkahnya:

  1. Pertama buka Pengaturan -> Aplikasi Sistem
  2. Lalu cari Setelan Panggilan Masuk
  3. Kemudian nonaktifkan fitur Sensor Jarak

Dengan begitu layar hp kamu tidak akan mati lagi ketika menerima panggilan atau memutar suara dari voice note.

Artikel: Cara Mengatasi HP Mati Saat Mendengarkan Voice Note

Rekomendasi artikel lainnya:

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !