Cara Mengatasi Caption Instagram Tidak Muncul di Postingan

Cara Mengatasi Caption Instagram Tidak Muncul

Odebery.com - Instagram merupakan salah satu sosial media yang memungkinkan Anda untuk mengupload foto maupun video beserta deskripsi dan hastag. Tujuannya tidak lain adalah supaya konten yang Anda buat dapat lebih mudah dipahami, serta konten Anda akan ditampilkan kepada pengguna yang memiliki minat sesuai hastag atau tagar tersebut.

Terkadang, ketika Anda telah selesai menyunting konten instagram dan hendak mempublishnya tiba-tiba muncul pemberitahuan “Suntingan Anda Belum Disimpan”. Apa penyebabnya?

Berdasarkan aturan instagram, setiap deskripsi dan hastag yang Anda tambahkan ke dalam postingan memiliki batasan jumlah dan karakter. 

Selain itu, Anda juga tidak diperbolehkan menulis caption yang mengandung kata-kata negatif atau menambahkan hastag yang telah dilarang.

Batas Jumlah Karakter dan Hastag Instagram

Supaya konten Anda dapat terpublish, Anda harus memenuhi syarat tersebut. Nah, berikut batasan karakter dan hastag yang perlu Anda ketahui:

1. Deskripsi/Caption Instagram

Instagram membatasi jumlah kata dalam deskripsi atau caption postingan. Oleh karena itu  pengguna hanya dapat menulis hingga 2200 karakter. Apabila melebihi itu, secara otomatis deskripsi atau caption yang Anda buat akan hilang.

2. Hashtag/Tagar

Untuk penggunaan hashtag pada setiap postingan hanya dibatasi hingga 30 hastag atau tagar. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi spammer yang dapat mengakibatkan konten menjadi tidak relevan.

Cara Mengatasi Caption Instagram Tidak Muncul di Postingan

Setelah Anda mengetahui batasan caption dan hashtag yang diperbolehkan dalam satu postingan, maka Anda cukup menulis tanpa melebihi batas tersebut. Akan tetapi, jika sudah menulis di bawah batasan dan ternyata caption masih tidak muncul, silahkan terapkan tips berikut.

1. Hapus Cache Instagram

Adanya Cache akan membantu Anda untuk mengakses aplikasi dengan lebih cepat. Karena Cache menyimpan informasi secara offline di perangkat Anda, sehingga tidak perlu mengunduh informasi lagi untuk membuka halaman yang sama.

Terkadang Cache juga bisa menjadi penyebab lambatnya penerapan pembaruan setelan pada aplikasi. Oleh karena itu Anda perlu menghapus Cache untuk me-refresh aplikasi supaya dapat mengakses informasi terbaru.

2. Aktifkan Opsi Tampilkan Keterangan

Jangan-jangan alasan kenapa caption Anda tidak muncul setelah postingan terpublish karena Anda lupa mengaktifkan opsi ini? Untuk mengaktifkannya silahkan ikuti langkah berikut:

Cara Mengatasi Caption Instagram Tidak Muncul

  1. Sesaat sebelum Anda mempublish postingan, buka Pengaturan Lanjutan di bagian bawah.
  2. Setelah itu aktifkan Tampilkan Keterangan di bagian Aksesibilitas.

Sekarang cobalah untuk memposting konten tersebut dan lihat hasilnya.

3. Update Aplikasi Instagram

Apakah perlu mengupdate instagram? Jujur, saya rasa mungkin tidak terlalu berpengaruh dalam masalah yang sedang kita bahas ini.

Namun siapa yang tahu, bisa saja versi yang sedang Anda gunakan saat ini betul-betul perlu diupdate. Selain itu, Anda juga lebih nyaman karena mendapatkan semua fitur terbaru saat ini.

4. Menulis Caption Sesuai Batasan

Seperti yang telah saya jelaskan di awal, caption dan hashtag postingan memiliki batasan jumlah dan karakter. Selain itu, Anda harus menulis caption tanpa mengandung kata yang tidak diperbolehkan serta menghindari tagar yang terlarang (blokir).

Kesimpulan

Setiap sosial media memiliki aturan yang bertujuan untuk kenyaman sesama pengguna. Oleh karena itu kita perlu memahami aturan aplikasinya supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan. 

Jangan sampai menulis panjang-panjang namun akhirnya terhapus otomatis karena melewati batas yang telah diterapkan. Semoga bermanfaat.

Artikel: Cara Mengatasi Caption Instagram Tidak Muncul di Postingan

Rekomendasi artikel lainya:

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !