Kenapa Komisi Shopee Affiliate Tidak Masuk? Ini Penyebabnya

Kenapa Komisi Shopee AffiliateTidak Masuk

Odebery.com - Afiliasi Shopee merupakan program dari Shopee for Creators untuk mempromosikan produk di media sosial seperti Facebook, YouTube, Instagram, Blog, Tiktok, Twitter, dan media lainnya.

Setiap kali seseorang membeli produk dari tautan afiliasi Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan produk tersebut. Jumlah komisi yang diperoleh bisa berbeda untuk setiap produknya, hal ini tergantung dengan toko yang menjual produk tersebut.

Bagi Anda yang baru bergabung sebagai afiliator dalam program afiliasi Shopee, mungkin juga mengalami kendala mengenai produk yang dibeli oleh seseorang namun tidak menghasilkan komisi sama sekali.

Hal semacam ini bisa terjadi atau bahkan sering bagi mereka yang sudah mahir dalam mempromosikan tautan afiliasinya. Lantas apa penyebab komisi Shopee Affiliate tidak dihitung ketika ada pembelian produk?

Penyebab Komisi Shopee Affiliate Tidak Masuk 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Komisi Afiliasi Shopee belum atau tidak masuk ke dalam saldo.

1. Pembeli Belum Menyelesaikan Transaksi

Pada saat Anda melihat dashboard Afiliasi Shopee, maka akan tampil berbagai produk yang telah dibeli oleh seseorang menggunakan tautan afiliasi Anda. Akan tetapi, komisi dari produk tersebut belum masuk ke dalam Estimasi Komisi Bulan Ini.

Hal ini dikarenakan pembeli belum menyelesaikan transaksi dengan produk yang terkait. Bisa disebabkan karena produk masih dalam perjalanan atau karena pembeli belum mengklaim barang sudah diterima sehinggga hal ini dapat mempercepat masuknya komisi.

Jadi pada intinya, selama produk masih dalam proses tranksaksi maka secara otomatis komisi tidak akan masuk ke dalam estimasi komisi pada bulan itu.

2. Pembelian Produk Dibatalkan

Kenapa Komisi Shopee AffiliateTidak Masuk

Faktor pasti yang membuat komisi tidak masuk adalah adanya pembatalan transaksi pada produk. Setiap produk memiliki jumlah komisi yang berbeda-beda, namun seberapa banyak komisi yang didapatkan akan hilang apabila pembeli membatalkan pesanan produknya.

Anda dapat melihat laporan produk yang dibatalkan pada dashboard Shopee Affiliates Program -> Pesanan Affiliate Terbaru - Dibatalkan.

3. Pembelian Produk Digital

Kenapa Komisi Shopee AffiliateTidak Masuk

Sebab komisi tidak masuk selanjutnya adalah seseorang membeli produk digital seperti:

  1. Pulsa
  2. Paket Internet
  3. Voucher
  4. Tiket
  5. Diamond Game
  6. Dan produk digital lainnya

Oleh karena itu kebanyakan para affiliator memilih untuk mempromosikan produk seperti baju, aksesoris, handphone dan semisalnya, karena jelas mereka akan mendapatkan komisi dari penjualan produk tersebut.

4. Membeli Produk Menggunakan Link Afiliasi Sendiri

Membeli produk menggunakan tautan afiliasi Anda sendiri merupakan pelanggaran kebijakan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu pembelian produk dari tautan afiliasi sendiri akan berujung sebagai Pesanan yang Tidak Sah.

Di sisi lain jika pembeli merupakan sesama Affiliate, maka pesanan tersebut akan dikategorikan sebagai pesanan yang tidak sah pula. Anda dapat melihat hasil laporan mingguan untuk mengetahui berapa total pesanan yang valid.

5. Membuat Konten Terlarang Untuk Menyebar Tautan Afiliasi

Saya pribadi pernah melihat postingan yang menggunakan teknik semacam ini. Dari segi konten atau postingan yang dia buat sama sekali tidak relevan dengan tautan afiliasi, di mana isi konten tersebut merupakan berita duka lalu pada akhir deskripsi diberikan tautan afiliasi yang berkedok ‘baca selengkapnya’.

Nah hal semacam ini memang dilarang karena dapat memberikan dampak negatif terhadap nama brand orange ini. Pertanyaannya, bagaimana bisa tahu kalau hasil klik dibuat dengan konten semacam itu?

Shopee sendiri telah menyediakan fitur untuk mereport tautan yang dibuat dengan konten terlarang. Sehingga berapapun konversi yang dihasilkan melalui tautan tersebut, tidak menghasilkan komisi dan bahkan akun Afiliasi bisa dihapus.

6. Membeli Produk Bukan dari Toko Star atau ShopeeMall

Terakhir penyebab Anda tidak mendapatkan komisi meskipun ada yang Checkout, karena mereka tidak membeli produk melalui toko yang berlabel Star/Star+ atau ShopeeMall.

Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu bahwa toko yang Anda jadikan afiliasi merupakan toko yang mempunyai label Star/Star+ atau ShopeeMall. Sehingga tingkat untuk mendapatkan komisi dari pembeli menjadi lebih tinggi.

Kesimpulan

Pada intinya, selama kita tetap dalam prosedur dan kebijakan aturan mainnya, maka komisi pasti akan masuk ke dalam saldo akun Anda masing-masing. Pada artikel ini saya hanya menjabarkan beberapa poin yang menyangkut saldo tidak masuk.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai syarat dan ketentuan program afiliasi shopee, Anda dapat membacanya melalui link berikut https://shopee.co.id/docs/6937 

Artikel lain:

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !