Kapan Bioteknologi Mulai Dimanfaatkan dan Kapan Perkembangan Bioteknologi Secara Modern Terjadi?

Berikut kembali kami sajikan contoh soal mata pelajaran Biologi Kelas 12 SMA dan MA program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang Sejarah Singkat Pemanfaatan dan Perkembangan Bioteknologi.

Kapan Bioteknologi Mulai Dimanfaatkan dan Kapan Perkembangan Bioteknologi Secara Modern Terjadi?

Kapan Bioteknologi Mulai Dimanfaatkan dan Kapan Perkembangan Bioteknologi Secara Modern Terjadi?

Jawaban/Pembahasan:

Bioteknologi tidak hanya berkembang pada akhir-akhir ini saja. Bioteknologi telah dimanfaatkan sejak ribuan tahun yang lalu, di segala bidang, seperti industri pangan, obat-obatan, pertanian, kesehatan, dan pengelolaan lingkungan. Misalnya, ragi dimanfaatkan untuk pembuatan anggur dan bir (sekitar 6000 SM), pada 4000 SM ragi dimanfaatkan untuk roti yang mengembang, dan pada 1512, bahan kimia yang penting bagi manusia, seperti aseton, butanol, dan gliserol diperoleh dari bakteri.

Di masa lalu, Bioteknologi dilakukan secara sederhana.  Perkembangan yang pesat baru terjadi setelah diketahui mikroorganisme melakukan fermentasi. Penelitian ini dipelopori oleh Louis Pasteur sehingga beliau mendapat julukan sebagai Bapak Bioteknologi. 

Sedangkan, perkembangan Bioteknologi secara modern terjadi setelah penemuan struktur DNA sekitar tahun 1950 yang diikuti dengan penemuan-penemuan lainnya. Penemuan ekspresi gen, enzim pemotong DNA, menciptakan DNA rekombinan dengan menggabungkan DNA dari dua organisme yang berbeda, dan kloning merupakan contoh Bioteknologi modern.

Bioteknologi modern merupakan bioteknologi yang didasarkan pada manipulasi atau rekayasa DNA (gen), selain memanfaatkan Mikrobiologi dan Biokimia.

Demikian postingan yang menyajikan contoh soal Biologi kelas 12 lengkap dengan jawaban atau pembahasannya tentang Sejarah Pemanfaatan dan Perkembangan Bioteknologi.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !