Sebutkan Contoh Aplikasi Bioteknologi Tradisional!

Berikut ini adalah contoh soal mata pelajaran Biologi Kelas 12 SMA dan MA program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kita masih membahas tentang Bioteknologi. Kali ini tentang contoh aplikasi Bioteknologi tradisional.

Sebutkan Contoh Aplikasi Bioteknologi Tradisional!

Sebutkan Contoh Aplikasi Bioteknologi Tradisional!

Aplikasi Bioteknologi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu tradisional dan modern. Sebutkan contoh aplikasi Bioteknologi tradisional!

Jawaban/Pembahasan:

Aplikasi Bioteknologi tradisional mencakup berbagai aspek, diantaranya:

a. Pangan

Beberapa contoh Bioteknologi tradisional di bidang pangan misalnya, tempe dibuat dari kedelai menggunakan jamur Rhizopus, tape dibuat dari ketela pohon atau pisang dengan menggunakan Khamir Saccharomyces cereviceae, keju dan yoghurt dibuat dari susu sapi dengan menggunakan bakteri Lactobacillus.

b. Pertanian

Beberapa contoh Bioteknologi tradisional dalam bidang pertanian, ialah:

1) Hidroponik, merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai tempat menanam tanaman.

2) Penyeleksian tanaman jenis mustard alami oleh manusia, menghasilkan tanaman, kolabri, brokoli, kubis, dan kembang kol.

c. Peternakan

Bioteknologi tradisional di bidang peternakan, misalnya pada domba ankon yang merupakan domba berkaki pendek dan bengkok, sebagai hasil mutasi alami dan sapi Jersey yang diseleksi oleh manusia agar menghasilkan susu dengan kandungan krim lebih banyak.

d. Kesehatan dan pengobatan

Beberapa contoh bioteknologi tradisional di bidang pengobatan, misalnya antibiotik penisilin yang digunakan untuk pengobatan, diisolasi dari bakteri dan jamur, dan vaksin yang merupakan mikroorganisme yang toksinnya telah dimatikan bermanfaat untuk meningkatkan imunitas. 

Demikian postingan yang menyajikan contoh soal Biologi kelas 12 lengkap dengan jawaban atau pembahasannya tentang Contoh aplikasi Bioteknologi tradisional.

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !
close
X