Cara Membuat Shape di Google Docs, Mudah dan Simpel

Cara Membuat Shape di Google Dokumen

Odebery.com - Google dokumen atau google docs merupakan sebuah layanan pengolah kata yang dapat digunakan secara gratis oleh pengguna Google. Google docs sendiri dirilis pada 9 Maret 2006.

Layanan ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang biasa menulis dokumen di Microsoft Word, namun kondisi tidak memungkinkan untuk membuka aplikasi tersebut. Dengan Google docs Anda dapat menulis secara online melalui sebuah website.

Salah satu keunggulan Google Dokumen adalah fitur kolaboratifnya, Anda dapat mengerjakan satu dokumen secara bersama-sama dengan tim Anda sekaligus. Dan karena layanan ini berbasis web, Anda beserta tim dapat mengaksesnya sesuka hati.

Sebagai alternatif, seharusnya fitur-fitur yang dimiliki Google docs tidak jauh berbeda dong. Nah, mungkin sebagian orang belum mengetahui kalau di Google docs juga ada yang namanya Shape. 

Umumnya fitur Shapes digunakan untuk membuat persegi, lingkaran, segitiga atau bahkan gambar bangunan dan semisalnya. Hal ini bertujuan agar supaya dokumen memiliki gambaran atau ilustrasi untuk mempermudah pembaca memahami maksud yang disampaikan.

Selain itu, Google docs juga menyediakan template untuk kebutuhan seperti:

  1. Membuat CV/Resume
  2. Proposal Proyek
  3. Catatan Rapat
  4. Brosur
  5. Laporan
  6. Dan lain lain

Dan Anda hanya perlu mengaplikasikan template tersebut untuk membuat dokumen yang menarik dan profesional. Menarik sekali bukan?

Cara Membuat Shape di Google Docs

Lalu di mana letak shape di google docs? Berikut penjelasan detailnnya:

Langkah pertama: Pertama, buka website https://docs.google.com/ di laptop atau smartphone Anda, lalu silahkan login terlebih dulu menggunakan akun Google milik Anda. 

Langkah kedua: Selanjutnya masuk ke dalam dokumen, lalu pilih menu Sisipkan (insert) di bagian atas kemudian pilih opsi Gambar -> pilih Baru. (ada 2 opsi gambar, pilih yang urutan ketiga)

Cara Membuat Shape di Google Dokumen

Langkah ketiga: Setelah itu akan muncul sebuah halaman, silahkan Anda klik ikon lingkaran dengan garis maka akan muncul 4 opsi:

  1. Bentuk (shape)
  2. Panah
  3. Seranta
  4. Persamaan

Untuk menambahkan shape ke Google docs, silahkan pilih opsi Bentuk, lalu pilih gambar sesuai keinginan Anda.

Cara Membuat Shape di Google Dokumen

Secara otomatis gambar yang Anda pilih akan ditambahkan ke dalam dokumen. Namun jika gambar bentuk yang Anda inginkan tidak ada, Anda dapat membuat gambar sendiri menggunakan opsi Garis yang berada di sebelahnya.

Fitur ini mengharuskan Anda untuk menggambar manual di dalam kolom yang tersedia di bawah menu tersebut. Untuk menambahkan gambar yang Anda buat ke dokumen, klik Simpan dan Tutup di bagian atas.

Sangat mudah sekali bukan? Jika Anda masih bingung silahkan tanyakan di kolom komentar.

Artikel: Cara Membuat Shape di Google Docs

Rekomendasi Artikel Lain:

Pencarian

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !
close
X