Cara Menambahkan Tanda Centang/Ceklis dalam Kalimat di Google Docs

Cara Menambahkan Tanda Centang di Google Dokumen

Odebery.com - Google docs merupakan layanan pengolah kata yang dapat digunakan sebagai alternatif dari Microsoft Office seperti Word. Umumnya di aplikasi Word, pengguna dapat menambahkan kotak centang atau bisa disebut sebagai Checkbox atau Checklist.

Checkbox sendiri memiliki fungsi untuk membuat pilihan biner antara satu atau dua pilihan. Umumnya fitur ini digunakan pada saat ujian, sehingga siswa diwajibkan untuk memilih beberapa jawaban yang benar terkait pertanyaannya.

Di Google docs juga terdapat checkbox yang berada di bagian menunya lho, hanya saja bagi mereka yang belum terbiasa akan merasa kesulitan menemukan fitur ini. Oleh karena itu dalam artikel ini saya akan menjelaskan secara ringkas mengenai hal tersebut.

Cara Menambah Tanda Centang/Ceklis di Google Docs

Lalu bagaimana cara menambahkan checkbox di google dokumen? Berikut caranya:

Langkah pertama: Pertama silahkan buka aplikasi Google docs atau kunjungi https://docs.google.com/ jika Anda memakai laptop.

Langkah kedua: Selanjutnya silahkan buka dokumen yang ingin Anda tambahkan Checklist atau bisa membuat dokumen baru.

Langkah ketiga: Kemudian silahkan Anda tandai kalimat yang ingin dibuat checkbox, setelah itu klik menu Format yang berada di bagian atas.

Cara Menambahkan Tanda Centang di Google Dokumen

Langkah keempat: Setelah itu akan muncul berbagai opsi, silahkan Anda pilih Butiran Penomoran -> pilih Checklist. 

Cara Menambahkan Tanda Centang di Google Dokumen

Secara otomatis kalimat atau paragraf yang sudah Anda tandai tadi akan ter-checklist. Dan hasilnya bisa Anda lihat sebagai berikut.

Cara Menambahkan Tanda Centang di Google Dokumen


Tips Mudah Lain Membuat Checkbox

Buat Anda yang suka cara simpel, ada tips yang lebih mudah untuk membuat checkbox, lho. Yaitu dengan memanfaatkan fitur shortcut yang terdapat di dalam Google dokumen. 

Cara ini sudah pasti lebih simpel dan efisien dibanding dengan cara sebelumnya, Anda hanya perlu menekan tombol CTRL + SHIFT + 9 secara bersamaan, maka secara otomatis checkbox akan ditambahkan ke kalimat atau kalimat yang Anda pilih.

Nah, ternyata mudah sekali kan membuat tanda centang di Google docs? Apabila Anda masih belum paham mengenai langkah-langkah di atas, silahkan tanyakan di kolom komentar.

Artikel: Cara Menambah Tanda Centang/Ceklis di Google Docs

Rekomendasi Artikel Lain:

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !