Cara Mengatur Jarak Spasi di Google Docs

Cara Mengatur Jarak Spasi di Google Docs

Odebery.com - Line spacing merupakan sebuah ruang yang berada di antara baris dalam suatu paragraf. Fungsi dari fitur ini sendiri adalah untuk mengatur lebar jarak antara baris atas dengan baris bawah.

Pengaturan jarak antar baris juga digunakan sebagai kebijakan di suatu kampus dalam pembuatan dokumen, seperti: 

  1. Karya Tulis Ilmiah
  2. Proposal
  3. Skripsi
  4. Makalah
  5. Dan semisalnya

Sehingga pada saat mengumpulkan dokumen, jarak tulisannya akan terlihat rapi dan sama. Karena jika tidak begitu, setiap orang bisa membuat tulisan dengan jarak sesuai keinginan masing-masing.

Google docs merupakan aplikasi pengolah kata di mana pengguna Google dapat menggunakan layanan tersebut secara gratis. Kelebihan Google Docs adalah pengguna dapat menulis satu dokumen yang dapat dikerjakan secara bersama-sama.

Sehingga pekerjaan pun dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Selain itu, pengguna dapat menggunakan layanan ini menggunakan aplikasi maupun dari situsnya secara langsung. Hal ini membuat Google Docs terlihat lebih efisien.

Umumnya, Google docs menerapkan jarak antar baris sebesar 1,15 untuk penulisan paragraf, ada juga pilihan line spacing sebesar 1,5. Namun jika kedua opsi tersebut tidak digunakan, Anda bisa meng kostumnya sendiri kok.

Cara Mengatur Jarak Spasi di Google Docs

Bagaimana cara mengatur spasi antar baris di Google Docs? Berikut langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama: Pertama, kunjungi website https://docs.google.com/ di laptop Anda menggunakan browser Chrome atau melalui aplikasi Dokumen. Setelah itu buka dokumen milik Anda.

2. Langkah kedua: Selanjutnya pilih menu Format yang berada di bagian atas, maka akan muncul berbagai opsi pilihan.

Cara Mengatur Jarak Spasi di Google Docs

3. Langkah ketiga: Kemudian klik Jarak Antarbaris dan Antarparagraf lalu pilih Spasi Kustom.

Cara Mengatur Jarak Spasi di Google Docs

4. Langkah keempat: Setelah itu masukkan spasi yang Anda inginkan di kolom Jarak Antar Baris lalu klik Terapkan untuk menyimpan perubahan.

Cara Mengatur Jarak Spasi di Google Docs

Berikut daftar ukuran line spacing yang sering digunakan, diantaranya: 

  • 1.0
  • 1.15
  • 1.5
  • 2.0
  • 2.5
  • 3.0

Oh Iya, di dalam Google Docs gunakan tanda titik sebagai ganti dari tanda koma saat memasukkan angka di Spasi Kustom.

Catatan: Sebaiknya ganti terlebih dulu line spacing sebelum Anda memulai menulis. Apabila ingin mengganti setelah menulis, Anda bisa menekan CTRL + A baru setelahnya Anda ganti line spacingnya.

Gimana, mudah sekali kan mengganti spasi jarak antar baris di Google docs? Jika ada yang belum paham mengenai langkah-langkah di atas, tanyakan saja di kolom komentar ya.

Artikel: Cara Mengatur Spasi di Google Docs

Rekomendasi Artikel Lain:

Our website uses cookies to enhance your experience.
Accept !